Review Infinix Zero X Pro: Jawara Kamera di Kelas Menengah?

Review Infinix Zero X Pro: Jawara Kamera di Kelas Menengah?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 23 Nov 2021 07:15 WIB
Infinix Zero X Pro
Review Infinix Zero X Pro: Jawara Kamera Kelas Menengah? Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Sepanjang tahun 2021, Infinix semakin agresif meluncurkan ponsel baru di Indonesia. Salah satu ponsel baru yang mereka luncurkan adalah Infinix Zero X Pro yang didapuk sebagai produk flagship mereka.

Sebagai ponsel sekelas flagship, Infinix Zero X Pro tentu dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni. Tapi daya tarik utamanya adalah kamera 108 MP dan lensa telephoto 8 MP dengan kemampuan optical zoom 5x.

detikINET berkesempatan menjajal Infinix Zero X Pro selama beberapa minggu untuk menguji performanya. Apakah kinerja sama mentereng seperti tampilannya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Desain

Untuk ponsel kelas flagship, desain Infinix Zero X Pro tidak mengecewakan. Desainnya terlihat terinspirasi oleh iPhone 13, dengan empat sisi yang datar dan finish yang mengkilat.

Infinix Zero X Pro hadir dalam tiga pilihan warna yaitu Starry Silver, Nebula Black, dan Tuscany Brown. Unit yang saya jajal adalah Nebula Black yang memiliki desain yang sangat unik, dengan latar berwarna hitam dan gemerlap glitter di tengahnya, mirip bintang-bintang di Galaksi Bima Sakti.

Bagian belakangnya dilapisi dengan kaca sehingga penampilannya terlihat makin premium. Lapisan kaca ini membuat bagian belakang Infinix Zero X Pro jadi magnet sidik jari, tapi untungnya warna yang gelap dan pola bintang-bintangnya membuat sidik jari yang menempel tidak terlalu terlihat.

Infinix Zero X ProInfinix Zero X Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Karena lapisan kacanya di belakang cukup licin, Infinix membekali ponsel ini dengan case silikon berwarna hitam yang tidak transparan. Tapi rasanya cukup sayang ponsel dengan warna unik seperti ini disembunyikan di balik case.

Desain modul kamera belakangnya juga dirancang dengan estetika yang senada dengan desain keseluruhan ponsel. Kamera utamanya dibuat lebih menonjol dengan ditempatkan di bagian paling atas, terpisah dari dua kamera lainnya dan flash. Tonjolan kamera utamanya juga dibuat lebih tinggi dan membuat desain modul kamera ini terlihat sangat tebal.

Tombol power dan volume diletakkan di samping kanan bodi. Anehnya, ukuran tombol volumenya dibuat lebih kurus dibandingkan tombol power sehingga kadang agak sulit ditekan.

Di sisi kiri ponsel terdapat slot dual-SIM dan microSD. Di bagian bawah terdapat port USB-C, speaker, dan headphone jack 3,5mm yang saat ini mulai sulit ditemukan di ponsel sekelasnya.

Display dan Audio

Beralih ke layar, Infinix Zero X Pro memiliki display dengan desain punch-hole di bagian tengah. Ukuran punch-hole ini tidak begitu besar, tapi dikelilingi oleh bingkai berbentuk lingkaran yang sedikit mengganggu.

Bezel di bagian atas dan bawah layar terbilang cukup tebal. Tapi bezel di bagian atas ini menyimpan senjata rahasia Infinix Zero X Pro yaitu lampu LED khusus untuk selfie.

Infinix Zero X Pro dibekali dengan layar AMOLED berukuran 6,78 inch. Layar ini memiliki resolusi FHD+ serta didukung refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz.

Dari spesifikasinya layar Infinix Zero X Pro memang sudah setara dengan ponsel flagship. Layarnya memiliki warna yang cerah dan tajam, baik untuk menonton video atau bermain game.

Sayangnya ponsel ini hanya memiliki sertifikasi Widevine L3 sehingga saat digunakan untuk menonton konten Netflix kualitasnya mentok di 480p. Infinix tidak menjelaskan apakah ponsel ini mendukung HDR atau tidak. Tapi Infinix Zero X Pro tetap bisa menampilkan video 1080p HDR dengan ciamik.

Infinix Zero X ProInfinix Zero X Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Berbicara soal video tidak lengkap rasanya kalau tidak membahas audionya. Infinix Zero X Pro dilengkapi dengan satu speaker di bagian bawah. Meskipun tidak dilengkapi speaker stereo, suara yang dihasilkan cukup jernih dan kencang.

Speaker ini juga didukung oleh DTS Sound dari Dolby yang bisa digunakan untuk mengatur mode audio dari empat opsi yang disediakan yaitu Smart, Music, Game dan Video. Ada juga fitur equalizer manual tanpa pilihan preset default.

Oh ya, Infinix Zero X Pro juga memiliki pemindai sidik jari di bawah layar model optical. Kinerja sensor sidik jari ini cukup cepat dan akurat.