Review Samsung Galaxy Z Flip 3, Bikin Hijrah ke HP Layar Lipat - Halaman 3

Review Samsung Galaxy Z Flip 3, Bikin Hijrah ke HP Layar Lipat

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 21 Sep 2021 09:45 WIB
Samsung Galaxy Z Flip 3
Samsung Galaxy Z Flip 3. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Performa

Sebagai ponsel premium, Galaxy Z Fold 3 dimodali dengan spesifikasi tinggi. Memadukan chipset Snapdragon 888 dan RAM 8 GB.

Racikan yang dihadirkan Samsung menyuguhkan performa kencang sehingga beragam tugas yang dijalankan lancar, baik saat kami menjelajahi web, menonton video streaming atau bermain game. Tak sekalipun kinerja ponsel tersendat atau ngelag.

detikINET mengujikannya dengan beberapa aplikasi benchmark. Skor yang ditorehkan tergolong tinggi, namun belum belum melampaui torehan jajaran ponsel dengan chipset Snapdragon 888 yang pernah diuji sebelumnya:

Samsung Galaxy Z Flip 3Samsung Galaxy Z Flip 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
  • Antutu: 695.267
  • PC Mark: 9.676
  • Geekbench Single-Core: 1.080
  • Geekbench Multi-Core: 3356

HP: Galaxy Z Flip 3Mi 11 UltraROG Phone 5
Antutu:696.267772.480717.779
PC Mark:9.67614.61514.947
Geekbench Single-core:1.0801.0771.122
Geekbench Multi-core:3.3563.1983.557

Baterai

Galaxy Z Flip 3 memiliki kapasitas cukup kecil dibandingkan ponsel yang ada di pasaran, yakni 3.300mAh. Karenanya dengan daya tampung tersebut hanya mampu menyuplai penggunaan 6 jam saja.

Sayangnya lagi Samsung masih 'nyaman' dengan pengisian daya 25W saat kompetitornya sudah banyak menawarkan fast charging 65W. Mengingat kapasitas baterai tidak besar, butuh waktu 40 menit untuk mengisi 50% dan penuh dalam waktu 1 jam 6 menit.

Opini detikINET

Bila bosan dengan tampilan HP yang itu-itu saja, Galaxy Z Flip 3 memberikan pengalaman yang benar-benar baru. Kamu bisa merasakan serunya melipat layar ponsel yang selama ini jadi hal yang mustahil.

Dengan layar lipat membuat cara penggunaan HP ini pun lebih banyak. Selain layaknya HP konvensional, kamu bisa melipat 90 derajat atau Samsung menyebutnya dengan Flex Mode.

Sejumlah aplikasi sudah mendukung mode ini, salah satunya YouTube. Saat menggunakan Flex Mode, layar bagian atas menampilkan video yang tengah diputar, layar bagian bawah bisa menjelajahi kolom komentar atau melihat rekomendasi video-video.

Ketika Galaxy Z Flip dilipat bodynya begitu compact, bikin nyaman di genggaman dan memudahkan untuk disimpan. Ragam aksesorinya bikin tampilannya makin kece.

Samsung Galaxy Z Flip 3Samsung Galaxy Z Flip 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Soal durabilitas lebih baik dari sebelumnya, dan paling penting sudah tahan air sehingga tidak lagi diliputi rasa was-was ketika menggunakannya.

Performa HP ini kencang membuat segala tugas bisa dilibas tanpa terbata-bata. Layarnya pun tajam, makin maksimal menikmati hiburan berkat speaker stereo yang punya suara nendang.

Mungkin keluhan hanya di baterai saja yang punya kapasitas seadanya. Semoga Samsung bisa menambahnya di generasi berikutnya, kalaupun sulit setidaknya mulai meningkatkan kemampuan fast chargingnya agar tidak tertinggal dengan kompetitornya.

Dengan harga Rp 15 juta, Galaxy Z Flip 3 rasanya patut dipertimbangkan untuk hijrah ke HP layar lipat yang bakal jadi tren ponsel masa depan.

(afr/afr)