Review RedmiBook 15, Cocok Buat Sekolah Online - Halaman 2

Review RedmiBook 15, Cocok Buat Sekolah Online

ADVERTISEMENT

Review Produk

Review RedmiBook 15, Cocok Buat Sekolah Online

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 11 Agu 2021 19:18 WIB
Xiaomi RedmiBook 15
Xiaomi RedmiBook 15. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

2. Performa

Yang dijagokan Xiaomi dari RedmiBook 15 ini salah satunya adalah prosesor, yaitu Intel Core i3-1115G4, yang punya dua core dan empat thread, clock speed 3 GHz, serta cache 6MB. Sesuai namanya, ini adalah prosesor Intel Core generasi ke-11, terbaru untuk saat ini.

GPU-nya terintegrasi, yaitu Intel UHD Graphics, serta RAM 8GB DDR4 single channel dan storage SSD SATA 256MB. Hasil benchmark dari RedmiBook 15 cukup memuaskan, Misalnya Cinebench R23 yang mendapat skor 1048 untuk single core dan 2027 untuk multi core, dan PCMark10 dengan skor 3949.

Benchmark RedmiBook 15Benchmark RedmiBook 15 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Storagenya, meski masih SATA, kecepatannya lumayan, kok. Kecepatan bacanya saat diuji di CrystalDIskMark adalah 561MB/s dan kecepatan tulisnya 497,21MB/s. Tentu masih kalah dibanding storage SSD NVMe, namun lagi-lagi, di harga Rp 6 juta, hal ini masih wajar.

Benchmark RedmiBook 15Benchmark RedmiBook 15 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Dengan skor seperti ini, pemakaian standar seperti browsing, Office (Word, Excel, dan sejenisnya), ataupun konferensi video (Zoom), bisa dilakukan dengan lancar tanpa terasa adanya lag. Bahkan untuk pengolah foto menggunakan Photoshop pun terbilang lancar.

Benchmark RedmiBook 15Benchmark RedmiBook 15 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Meski bukan ditujukan untuk bermain game, kami penasaran apakah RedmiBook 15 ini juga bisa dipakai bersenang-senang. Tentu pilihan game yang dicoba pun harus 'tahu diri'. Jangan berharap bisa memainkan game AAA di laptop Rp 6 jutaan.

Game yang kami jajal adalah CS:GO, yang bisa mendapat frame rate di atas 60fps, bahkan bisa tembus di atas 90fps. Tentu dengan pengaturan paling rendah dan resolusi 720p.

Begitu juga dengan Genshin Impact, juga dengan pengaturan paling rendah termasuk menurunkan Resolution Scale-nya, frame rate yang didapat bisa di atas 60fps. Cukup mumpuni untuk sebuah laptop yang memang tidak ditujukan untuk bermain game.

Suhu bodi relatif nyaman saat laptop digeber di benchmark ataupun bermain game. Suhu bodi di sekitar tombol WASD ada di 40 derajat, namun di bagian tombol Enter tidak ada suhu berlebih, sekitar 33 derajat.

Sistem operasi yang dipaketkan dalam paket penjualan adalah Windows 10 Home, dan Xiaomi menjanjikan RedmiBook 15 bisa diupgrade ke Windows 11 secara gratis.

Baterainya bagaimana? Saat kami pakai untuk keperluan sehari-hari, seperti browsing, chat lewat WhatsApp Web, sesekali menonton lewat YouTube dan Netflix, juga melakukan konferensi video menggunakan Zoom, baterainya bisa bertahan di kisaran 8 jam. Lalu pengisian baterainya dari kosong membutuhkan waktu sekitar 2 jam lewat charger 65W yang ada di paket penjualan.

Layar dan kesimpulan di halaman berikutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT