Review Asus RT-AX82U: Router WiFi 6 Bikin Gaming, Streaming dan WFH Lancar

Review Asus RT-AX82U: Router WiFi 6 Bikin Gaming, Streaming dan WFH Lancar

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 28 Jul 2021 19:30 WIB
Asus RT-AX82U
Asus rt-ax82u. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Selain laptop, Asus melengkapi ekosistem gaming-nya dengan serangkaian aksesori dan komponen pendukung. Salah satunya Asus RT-AX82U AX5400, ini adalah router yang dirancang untuk para gamer.

Tidak hanya punya dual band, router ini sudah mendukung WiFi 6. Karena itu raksasa teknologi asal Taiwan ini berani menjanjikan Asus RT-AX82U punya kinerja tinggi yang membuat aktivitas gaming lebih lancar.

Benarkah demikian? Berikut review singkat router Asus RT-AX82U AX5400

Desain

Keren, kata yang terucap ketika melihat pertama kali Asus RT-AX82U. Desain router ini berbeda dari kebanyakan perangkat sejenisnya.

Bentuk router sulit digambarkan tapi kental nuansa futuristik. Dibalut dengan lapisan matte hitam dengan bagian depannya terlihat seperti saluran udara dari pesawat luar angkasa yang seketika berubah seperti dua mata robot kala lampu RGB menyala.

Asus RT-AX82UAsus RT-AX82U Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Dua lampu RGB tersebut dapat diubah warnanya sesuai setting yang dikehendaki pengguna. Beralih ke bagian belakang terpasang empat antena yang menjulur ke atas, tidak dapat dilepas namun bisa diatur arahnya.

Lalu di bawahnya terdapat sejumlah port. Asus memberikan port Gigabit Ethernet khusus untuk menghubungkan ke modem, empat port Gigabit Ethernet tambahan untuk menghubungkan ke perangkat lain (salah satunya dimaksimalkan untuk perangkat gaming), satu port USB 3.1 untuk berbagi perangkat penyimpanan USB di jaringan dan tombol power.

Di pinggiran atas sisi sebelah kiri terdapat empat lampu indikator yang memberikan informasi konektivitas secara sekilas. Ini menunjukkan daya, koneksi WAN, dan masing-masing dari dua frekuensi WiFi.

Asus RT-AX82UAsus RT-AX82U Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Bagian bawah router penuh dengan ventilasi, terlihat ada heatsink logam untuk aliran udara yang lebih baik. Semua itu akan meningkatkan kinerja termal router ini.

Spesifikasi

Asus RT-AX82U termasuk router wireless premium. Karenanya spesifikasi yang dipunyai tinggi. Ditenagai prosesor tri-core 1,5 GHz, dengan RAM 512 MB dan penyimpanan flash 256 MB.

Seperti disinggung di muka, router ini mendukung WiFi 6 yang memiliki saluran 160 MHz. Ini berarti koneksi WiFi yang dimiliki dapat melebihi kecepatan Gigabit dalam situasi yang tepat dan menggunakan perangkat yang mendukung.

Router ini mendukung dual-band. Pada band 2,4 GHz dijanjikan kecepatan maksimal 574 Mbps, sedangkan frekuensi 5Ghz mencapai 4.804 Mbps. Kalau digabungkan kecepatan yang ditawarkan hingga 5.400 Mbps.

Asus RT-AX82UAsus RT-AX82U Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Asus RT-AX82U turut mendukung OFDA, MU-MIMO, beamforming, dan standar keamanan terbaru WPA3-personal. Router juga sepenuhnya kompatibel dengan perangkat 802.11ac (WiFi 5) dan 802.11n (WiFi 4).

Fitur

Asus memberikan antarmuka yang simpel dan lengkap pada pengaturan router melalui desktop. Menu ditempatkan di sisi kiri layar, mudah diakses dan dijelajahi pengguna.

Tapi lebih mudah melakukan pengaturan lewat ponsel menggunakan aplikasi Asus Router yang dapat diunduh gratis di App Store maupun Play Store.

Antarmukanya terasa intuitif sehingga makin memudahkan pengguna melakukan penyetinggan routernya. Lewat aplikasi ini kita dapat mengatur warna lampu RGB yang ingin ditampilkan di bagian depan router, serta disediakan bagaimana gaya lampu menyala. Ada pilihan static, breathing, wave, marquee, gradient, evolution dan rainbow.

Lewat aplikasi Asus Router kita dapat dengan mudah mengaktifkan mode gaming hanya dengan sekali sentuh. Ketika dinyalakan maka port yang digunakan untuk gaming akan dimaksimalkan. Sehingga meminimalkan lag, meningkatkan responsif yang pada akhirnya memberikan pengalaman ngegame lebih baik.

Asus RT-AX82UAplikasi Asus Router. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Router ini memiliki fitur Adaptive QoS untuk memprioritaskan lalu lintas internet sesuai aktivitas pengguna. Ada beberapa profil yang dapat dipilih, masing-masing cocok untuk skenario penggunaan yang berbeda, yakni media streaming, work from home, learn form home, web surfing dan file transfer. Setelah dipilih, router akan secara otomatis mengoptimalkan jaringan sesuai profil yang dipilih.

Asus turut memberikan AiProtection yang mencakup perlindungan online real-time gratis seumur hidup yang didukung oleh Trend Micro dan fitur Parental Control. Tidak ketinggalan ada AiMesh yang memungkinkan menggabungkan beberapa router AiMesh untuk membentuk jaringan WiFi mesh untuk jangkauan WiFi yang lebih kuat.

Performa

Kami menguji router ini dengan beberapa jarak akses. Hasilnya jangkauan Asus RT-AX82U sangat baik. Di jarak 20 meter dari posisi router ini berada masih mendapatkan sinyal WiFi untuk streaming Netflix dengan lancar.

Bicara streaming, kami coba gunakan untuk menonton konten 4K UHD. Selama konten dimainkan, streaming berjalan lancar tanpa ada penurunan kualitas video. Bahkan saat dijajal memainkan konten 8K di YouTube, tidak ada buffering sama sekali.

Sayangnya saat pengujian mode gaming di router ini kami hanya menggunakan game mobile, yakni Call of Duty (COD) Mobile. Jadi kehebatan fitur ini tidak dirasakan, mungkin harus menggunakan konsol atau komputer yang terhubung dengan ethernet.

Opini detikINET

Asus RT-AX82U AX5400 adalah router WiFi6 yang mumpuni. Sebab router ini memiliki kinerja, jangkauan dan stabilitas yang sangat baik.

Asus turut menyertakan fitur pengoptimalan sesuai dengan kebutuhan pengguna, mulai dari gaming, menikmati layanan streaming hingga WFH. Ditambah lagi adanya aplikasi memudahkan pengguna mengatur Asus RT-AX82U.

Jika kamu seorang gamer, rasanya pas meminang router ini. Kalaupun bukan cocok pula menggunakannya, apalagi ada fitur parental control yang dapat melindungi sang buah hati mengakses konten yang tidak sesuai umurnya.



Simak Video "Catat! Ini Jadwal Hari Tanpa Bayangan di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)

Berita Terkait