Review TCL A20, TV Android 11 Memuaskan Harga Terjangkau

Review TCL A20, TV Android 11 Memuaskan Harga Terjangkau

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 24 Jun 2021 21:30 WIB
TCL A20
TCL A20. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Selain laptop, perangkat televisi (TV) menjadi sahabat selama pandemi ini. Saat harus di rumah aja, TV jadi tempat pelampiasan untuk mengusir lelah setelah seharian berkutat dengan tugas

Streaming film, mendengar musik atau bermain game semua dilakukan di TV. Karenanya ketika perangkat TV menawarkan gambar dan suara yang apik rasanya benar-benar dimanjakan.

Sebab itu ketika detikINET ditawarkan untuk mengulas TCL A20 langsung menyanggupi. Pasalnya Smart TV berbasis Android 11 ini mengklaim punya kualitas gambar dan audio yang bisa memuaskan saat menikmati hiburan tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Benarkah demikian? Berikut ulasan singkatnya.

Desain

TCL A20 membawa desain minimalis namun tetap menarik dipandang saat dipajang di ruang tengah keluarga. Bezelnya tipis dibingkai dengan frame warna hitam yang seolah menjadi bagian dari layar.

Kami menyukai penggunaan frame hitam tersebut karena tidak mendistraksi mata saat menonton. Selain itu memberikan kesan lapang di pandangan.

Sementara frame bagian bawah memiliki warna metalik memberikan kesan modern pada perangkat ini. Tepat di bawah logo TCL terdapat semacam speaker yang ternyata bantalan untuk menampilkan lampu indikator power dan mikrofon.

TCL A20TCL A20 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

TCL memberikan dua kaki berbahan metal ringan bila ingin meletakkan TV ini di atas meja, atau dapat pula menempelkan televisi ini ke dinding.

Untuk opsi kedua ini kami kurang merekomendasikan. Sebab posisi port begitu menjorok ke bagian tengah bodi bikin sulit dijangkau. Berbeda dengan tombol power dan pengaturan mikrofon yang diletakkan di pojok kanan bawah.

Port yang dimiliki TCL A20 ini sangat lengkap, terdiri dari;

TCL A20Port di TCL A20 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

- 1 port USB 2.0

- 1 port ethernet LAN

- 3 port HDMI 2.1 (salah satunya mendukung eARC)

- 1 port konektor antena

- 1 port digital audio output

- 1 port USB 3.0

- 1 port AV input

- 1 port jack audio 3,6 mm

Layar

TCL A20TCL A20 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

TCL A20 ini hadir dalam beberapa ukuran saat dipasarkan di Indonesia. Adapun unit yang detikINET review berukuran 55 inch dengan resolusi 4K.

Ukuran layar yang lapang memberikan kepuasan saat menonton. Tapi tidak hanya itu, fitur yang dimiliki Andaroid TV milik TCL ini begitu memaksimalkan pengalaman menikmati hiburan meski di rumah saja.

Panelnya mampu menampilkan 1,07 juta warna (10bit). Tak heran rentang warnanya begitu begitu luas, bahkan warna hitamnya disajikan sangat baik meski layarnya bukan OLED.

Selanjutnya audio dan fitur andalan