Review Deebot T9, Teman Robot untuk Bersih-bersih Rumah

Review Deebot T9, Teman Robot untuk Bersih-bersih Rumah

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 01 Jun 2021 18:00 WIB
Review Robot Deebot T9, robot pembersih lantai rumah
Robot Deebot T9 untuk membersihkan rumah (Foto: Fitraya Ramadhanny/detikcom)
Jakarta -

Di era new normal, makin banyak inovasi teknologi untuk hidup bersih. Robot Deebot T9 bisa jadi teman baru membersihkan rumah.

Ecovacs Robotics sebagai pembuat robot layanan rumah, telah meluncurkan robot barunya Deebot T9 sejak Akhir April 2021. Robot baru inilah yang diuji coba detikINET.

Seperti apa ulasannya? Simak reviewnya berikut ini:

Review Robot Deebot T9, robot pembersih lantai rumah1 set Robot Deebot T9 (Foto: Fitraya Ramadhanny/detikcom)

1. Kemasan dan Desain

Dalam kotak kemasan Deebot T9, kita akan menerima 1 robot, docking station untuk pengisian daya, buku manual, sepasang side brush atau sapu dengan tiga tangkai, Ozmo Pro Oscilating System, kapsul penyegar udara, kompartemen penyegar udara dan 10 kain pel yang bisa dibuang.

Unit robot Deebot T9 adalah bulat dengan berat 5,8 kg dan diameter 35,3 cm. Tingginya 9,36 cm, cukup rendah untuk masuk ke kolong kursi atau meja di rumah.

Dari wujudnya, ada banyak sensor di sana. Di bagian atas ada semacam kepala yang sebenarnya adalah TrueMapping Distance Sensor. Di bagian depan juga ada TrueDetect 3D Sensor.

Di bagian bawah ada 2 roda gerak dan 1 roda universal buat berbelok. Ada 2 slot untuk pemasangan sapu dan Carpet Detection Sensor. Ada lagi 6 Anti-drop Sensor dan sapu utama di perut robot yang terkoneksi dengan kompartemen debu. Semua kotoran akan masuk lewat sini.

2. Operasional

Untuk pengoperasian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, ada baiknya menggeser sebisa mungkin kursi, kipas angin dan perabotan lain yang bisa menghalangi. Tutup juga pintu ruangan untuk membatasi area yang mau dibersihkan.

Robot Deebot T9 cukup cerdas untuk mengenali penghalang. Namun, dia akan bisa membersihkan lantai lebih cepat jika kita meminimalisir kemungkinan manuver.

Kedua, penempatan Docking Station dengan benar. Ia butuh ruang kosong 1,5m x 1m. detikINET pernah mencoba memasang docking station dengan ruang kosong kurang dari itu, robotnya terganggu untuk pulang ke Docking Station.

Ketiga, aplikasi Ecovacs Home untuk mengendalikan robot Deebot T9. Aplikasi Ecovacs Home bisa diunduh di App Store dan Google Play Store. Aplikasi ini penting untuk memberi perintah kerja, jadwal kerja, membuat catatan pekerjaan dan pemetaan rumah sampai bentuk 3D.

Halaman selanjutnya: Uji fitur...