Universal Robot Rilis Cobot Tangguh UR10e, Keunggulannya?

Universal Robot Rilis Cobot Tangguh UR10e, Keunggulannya?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 29 Mei 2021 19:25 WIB
Perusahaan teknologi Universal Robot (UR) memperkenalkan collaboritve robots (cobot) UR10e yang mampu mengangkat muatan sebesar 25% lebih tinggi, namun dibanderol dengan harga yang tidak berubah.
Foto: Universal Robots
Jakarta -

Perusahaan teknologi Universal Robot (UR) memperkenalkan collaboritve robots (cobot) UR10e yang mampu mengangkat muatan sebesar 25% lebih tinggi, namun dibanderol dengan harga yang tidak berubah.

UR10e yang telah disempurnakan oleh UR dengan meningkatkan kemampuan sebesar 12,5 kg yang kemudian dipadu dengan aplikasi seperti pemuatan kemasan (pallestising), perawatan mesin, dan pengemasan.

Presiden UR Kim Povlsen mengatakan, pihak berkomitmen meningkatkan produk berkelanjutan dalam membaca peluang pasar yang terus berubah. Disebutkannya, pelanggan mereka telah menerapkan cobot UR di berbagai aplikasi pallestising.

"Seiring waktu, mereka telah mengindentifikasi peluang untuk memanfaatkan robot UR10e kami dalam menjalankan tugas mereka, menangani benda yang muatan lebih berat," ujar Povlsen seperti dalam siaran persnya.

Ada tiga keunggulan pada cobot UR10e ini, yaitu:

• UR10e kini dapat digunakan di aplikasi palletising dengan karton seberat 10kg dan gripper 2,5kg.

• UR10e kini juga lebih serbaguna untuk tugas penanganan material lainnya, seperti bongkar muat benda yang lebih berat dalam penerapan perawatan mesin dan pengemasan benda berat.

• Muatan UR10e yang lebih besar membantu mengurangi pekerjaan yang dilakukan secara manual, yang dapat membebani tangan dan bahu manusia, yang mengarah pada peningkatan ergonomi dan kondisi kerja yang lebih produktif.

Kendati begitu, cobot UR10e ini tetap mempertahankan penggunaan ruang yang kecil, pengalaman pemrogaman yang intuitif, pengulangan kerja tanpa kompromi, kualitas produk, dan kinerjanya.

Perusahaan teknologi Universal Robot (UR) memperkenalkan collaboritve robots (cobot) UR10e yang mampu mengangkat muatan sebesar 25% lebih tinggi, namun dibanderol dengan harga yang tidak berubah.Perusahaan teknologi Universal Robot (UR) memperkenalkan collaboritve robots (cobot) UR10e yang mampu mengangkat muatan sebesar 25% lebih tinggi, namun dibanderol dengan harga yang tidak berubah. Foto: Universal Robots

"Salah satu manfaat utama cobot adalah dalam segi fleksibilitasnya mengambil alih aktivitas yang tidak ergonomis, membebaskan pekerja manusia dari tugas yang berbahaya dan rawan cedera. Cobot UR dirancang untuk berkolaborasi bekerja bersama manusia dan sebagai solusi membantu meminimalkan tugas-tugas yang mungkin berbahaya atau rawan cedera bagi manusia," tutur Jame McKew, Regional Director Asia-Pasific UR.

Selain itu, UR10e yang diperbarui juga menyediakan plug-and-play yang kompatibel dengan produk perangkat keras dan periferal perangkat lunak dari ekosistem UR + Universal Robots, hal tersebut sekaligus memastikan bahwa seorang pengguna dapat dengan cepat dan mudah memulai menggunakan aplikasi kolaboratif ini.



Simak Video "Saat Sophia Si Robot Jelaskan soal Karya Seninya"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)