Xiaomi Mi 11, HP Mewah yang (Relatif) Murah - Halaman 2

Xiaomi Mi 11, HP Mewah yang (Relatif) Murah

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 12 Apr 2021 18:44 WIB
Xiaomi Mi 11
Xiaomi Mi 11. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Performa
Sebenarnya saya bukan penggemar MIUI, bahkan bisa dibilang tak suka dengan antarmuka Xiaomi ini. Namun MIUI 12 (tepatnya MIUI Global 12.0.3) yang berbasis pada Android 11 harus diakui adalah salah satu tampilan antarmuka yang menyenangkan. Terasa kencang dan responsif.

Ya, bloatware memang masih menjadi ciri khas MIUI, ada beberapa aplikasi 'bonus' di Mi 11, yang untungnya bisa dihapus dengan mudah.

Soal performa, Snapdragon 888 punya peran besar di sini. Semua hal yang saya coba di Mi 11 bisa dilalap dengan mudah. Game berat macam Genshin Impact bisa dijalankan dalam pengaturan maksimal tanpa frame drop.

Hanya saja perlu diingat, Genshin Impact adalah game yang sangat berat, terutama di pengaturan maksimal, termasuk 60 fps. Alhasil saat bermain game dalam waktu cukup lama di pengaturan tersebut membuat Mi 11 sedikit tak nyaman saat dipegang. Saat kualitas grafis sedikit diturunkan, misalnya frame rate maksimal menjadi 30fps, panas yang dihasilkan menjadi standar layaknya HP lain.

Lalu soal benchmark sintetis, ya, Mi 11 memang menjadi saat panas saat dilakukan benchmark seperti AnTuTu, namun itu hanya terjadi saat AnTuTu dijalankan secara berturut-turut layaknya stress test. Jika Anda membeli HP hanya untuk menjalankan AnTuTu secara berturut-turut, mungkin Mi 11 bukan HP yang cocok untuk Anda.

Benchmark Xiaomi Mi 11Benchmark Xiaomi Mi 11 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Jika Genshin Impact dengan pengaturan maksimal bisa dijalankan tanpa frame drop, maka game seperti PUBG Mobile pun bisa dengan mudah dilahap juga dengan pengaturan maksimal.

Lalu soal baterai, kapasitasnya 4.600 mAh, dan dengan penggunaan aktif pun sulit untuk menghabiskan baterai Mi 11 dalam satu hari. Kecuali tentunya dipakai bermain game dalam waktu yang lama.

Pengisian baterainya bisa dilakukan lewat charger 55W GaN yang disertakan dalam paket penjualannya. Ini pun charger yang mewah, karena menggunakan teknologi gallium nitride, yang membuat charger berukuran lebih kecil dibanding biasanya.

Pengisian baterai dari kosong sampai penuh dalam waktu kurang lebih 50 menit. Ada juga opsi pengisian secara wireless yang daya maksimalnya adalah 50W, yang sayangnya tak bisa kami uji karena unit charger wireless 50W yang belum tersedia.

Kamera dan kesimpulan ada di halaman berikutnya