Review G-Shock GBD-100SM: Evolusi G-Shock Lebih Modern

Review

Review G-Shock GBD-100SM: Evolusi G-Shock Lebih Modern

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 11 Apr 2021 17:09 WIB
Casio G-Shock GBD-100SM
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Jam tangan di era digital seperti saat ini, tak hanya sebagai penunjuk waktu saja, namun sudah bertransformasi jadi 'teman' olahraga. Hal itu yang sedang diperlihatkan Casio di seri G-Shock GBD-100SM.

Sebelum-sebelumnya, mungkin di antara kalian mengenal berbagai portofolio G-Shock sebagai jam tangan analog-digital untuk gaya hidup dipadu varian warna. Tidak demikian dengan GBD-100SM yang sudah modern.

detikINET berkesempatan untuk menjajal produk ini selama beberapa pekan, berikut review G-Shock GBD-100SM:


Desain

Dalam paket penjualannya, Casio mengemasnya dengan apik menggunakan kotak berbentuk heksagon yang didalamnya terdapat buku panduan, kartu garansi, dan satu unit G-Shock GBD-100SM bercorak hitam-hijau.

Material resin dipakai untuk strap dan cangkang dari jam tangan ini. Perpaduan warna hijau cerah yang transparan dengan hitam, membuat jam ini bisa dipakai dalam berbagai situasi, baik itu olahraga maupun kegiatan sehari-hari.

Bahan tali jam tangan uretan yang lembut, banyaknya lubang di tali tersebut, memberikan rasa nyaman di pergelangan tangan. Saat pertama kali mengenakan jam tangan ini, terasa ringan karena bebannya hanya 69 gram.

Dari sisi tampilannya, Casio masih memberikan sentuhan G-Shock pada umumnya yang menunjukkan kesan elegan nan kekar dengan diameter casing 58,2 x 49,3 x 17 mm. Perbedaan terlihat dari layar yang full LCD MIP.

Khas simbol G-Shock masih melekat di bagian atas. Di samping kanan ada tombol untuk light dan lap. Sedangkan, di samping kiri terdapat tombol display/forward, run, dan mode/reverse.

Casio G-Shock GBD-100SMCasio G-Shock GBD-100SM Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Layar

Casio memberikan sentuhan modern pada GBD-100SM ini dengan tampilan LCD MIP. Sekilas hal ini mengingatkan pada seri GBDH-1000, karena tampilannya yang serupa.

Pembeda dari GBDH-1000 dan GBD-100SM ini terletak dari harganya, yang mana seri terdahulu terbilang mahal, sedangkan GBD-100SM ramah kantong. Walaupun, fitur GBD-100SM tidak dilengkapi dengan sensor detak jantung. Sebagai informasi, GBDH-1000 harganya bisa belasan juta, sedangkan 'saudara' barunya ini hanya Rp2 jutaan.

Casio tampaknya ingin menyasar pasar yang lebih luas lagi dengan keberadaan GBD-100SM, punya tampilan dan fitur modern, tapi dijualnya tidak bikin orang mengernyitkan dahi.

Casio G-Shock GBD-100SMCasio G-Shock GBD-100SM Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Sayangnya, antarmuka di GBD-100SM ini memang tidak berwarna. Tetapi, hal itu seakan 'termaafkan' dengan adanya fitur yang didalamnya, seperti punya penghitung langkah, latihan berlari, mode getar, yang semuanya bisa dihubungkan dan dipantau melalui koneksi Bluetooth.

GBD-100SM ini bida dibilang merupakan generasi yang berbeda atau semacam evolusi bila dibandingkan dengan seri G-Shock yang lahir sebelum tahun 2020.

Fitur penunjang kebutuhan olahraga ini sesuai dengan kondisi saat ini, di mana pengguna dapat memanfaatkannya untuk berolahraga guna menjaga kesehatan.

>>>>> Halaman berikutnya fitur-fitur dan harga G-Shock GBD-100SM di Indonesia