Review Galaxy S21, HP Compact Punya Performa Kencang

Review Galaxy S21, HP Compact Punya Performa Kencang

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 16 Mar 2021 07:40 WIB
Galaxy S21
Galaxy S21. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Saat Galaxy Unpacked dihelat Januari lalu, seluruh perhatian mata tertuju pada Galaxy S21 Ultra yang membawa spesifikasi gahar dan fitur paling lengkap. Galaxy S21 jadi kalah pamor, padahal dibalik body-nya yang compact tersimpan daya tarik yang kalah menggoda.

detikINET menggunakan Galaxy S21 selama beberapa pekan dan dibuat jatuh hati. Berikut review singkat pengalaman kami menggunakan ponsel ini.

Desain

Ketika menggenggam Galaxy S21, kami langsung menyukainya. Sebab dimensinya 151.7 x 71.2 x 7.9 mm begitu compact, membuatnya nyaman di tangan dan begitu erat dalam genggaman.

Rasanya jarang ponsel premium flagship mengusung dimensi kecil seperti Galaxy S21. Selain Samsung, hanya Apple yang mengeluarkan iPhone 12 Mini. Semogalah dengan adanya dua ponsel tersebut memancing vendor lain untuk menghadirkan hal serupa.

Galaxy S21Galaxy S21 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Varian yang dipinjamnya ke detikINET adalah Phantom Violet, tampilannya begitu manis dilihat. Balutan warna emas pada desain Contour Cut tampak sangat mentereng dan begitu sempurna dipadukan dengan nuansa ungu di cover belakangnya.

Sedikit me-refresh, Contour Cut sendiri merupakan desain baru yang dibuat Samsung. Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini menyatukan 'rumah' kamera dengan rangka body. Konsep ini belum pernah digunakan sebelumnya sehingga memberikan penyegaran pada tampilan Galaxy S21 series.

Beralih ke bagian belakang Galaxy S21, Samsung memberikan sentuhan matte yang terasa halus, bebas noda sidik jari dan bener-benar menyamarkan material yang digunakan. Ya, kamu tidak akan menyadari kalau bagian belakangnya terbuat dari plastik polycarbonate. Dan mengejutkannya lagi ponsel ini mengantongi IP68 alias tahan air dan debu.

Bicara soal dimensinya yang begitu mungil membuat bobot Galaxy S21 enteng. Beratnya hanya 169 gram, padahal layarnya dilapisi Gorilla Glass Victus dan framenya menggunakan aluminum.

Layar

Galaxy S21Galaxy S21 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Dengan harga yang lebih murah dari Galaxy S21 Ultra, membuat Samsung melakukan sejumlah pemangkasan fitur, salah satunya pada layar. Galaxy S21 mengusung layar flat, resolusinya turun dari QHD ke Full HD.

Untungnya refresh rate layar ponsel ini masih 120 Hz dan punya tingkat brightness hingga 1.300 nit. Selain itu penggunaan panel Dynamic AMOLED 2X membuat suguhan warna tetap memanjakan mata.

Dengan bentangan layarnya yang berukuran 6,2 inch terasa cukup untuk menikmati video, bermain game maupun membaca teks.

Samsung juga telah membuat peningkatan signifikan pada pemindai sidik jari pada layar di Galaxy S21 dibandingkan sebelumnya. Sensornya sendiri 70% lebih besar jadi mudah menempelkan jari, dan kinerjanya pun lebih cepat.

Selanjutnya Kamera...