Review Asus Zenbook Flip S UX371: Laptop dengan Paket Lengkap

Review Asus Zenbook Flip S UX371: Laptop dengan Paket Lengkap

Ahmad Masaul Khoiri - detikInet
Rabu, 03 Mar 2021 08:45 WIB
Asus ZenBook Flip S, laptop premium dengan layar sentuh dan dilengkapi stylus. Dibanderol Seharga Rp 23 juta.
ZenBook Flip S. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Setelah beberapa tahun, akhirnya saya kembali memegang laptop bersistem Windows. Inilah artikel review dari Asus ZenBook FLip S UX371.

Laptop ini sudah kami gunakan dalam rentang waktu satu bulan dengan penggunaan paling banyak hanya untuk mengetik artikel dan multitasking. Sesekali kami mencoba menggambar atau edit foto-video.

Perlu diingat bahwa semua kekurangan laptop Asus ZenBook Flipp S UX371 akan kami bahas di bagian kritikan ya. Dan, kami tak membahas soal benchmark sintetisnya, namun akan kami sertakan cuplikan datanya.

Apakah laptop convertible yang bisa dilipat sampai 360 derajat ini begitu bagus? Berikut ini ulasan lengkap kami mengenai Asus ZenBook Flip S UX371.

Kesan pertama

Dari bodi Asus ZenBook Flip S UX371, kami sangat menyukai warna hitam di laptop ini. Logo Asus yang ada di pinggir tengah menambah kesan elegan tanpa banyak aksen.

Laptop ini bisa dibuka dengan satu tangan. Tandanya, memang betul bahwa laptop ini ada di kelas paling atas atau premium.

Asus ZenBook Flip S, laptop premium dengan layar sentuh dan dilengkapi stylus. Dibanderol Seharga Rp 23 juta.Asus ZenBook Flip S. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Bahan metal yang digunakan pada laptop juga terbilang kokoh. Aksen potongan emas di bagian pinggir menambah kesan mewah dari Asus ZenBook Flip S UX371 ini.

Laptop ini terbilang tipis dengan ketebalan 11,9 milimeter dan berat 1,2 kilogram. Jadi, Anda bisa memasukkan dua laptop sekaligus ke dalam wadah khusus yang biasanya ada di tas ransel.

Masuk ke dalam layar utama, kami harus mendaftar Windows Hello agar keamanan lebih terjamin karena disematkan kamera infra merah. Proses scanning melalui kamera depan ini terbilang cepat.

Tak ada scan finger print, jadi Anda bisa masuk ke layar utama dengan memasukkan PIN atau password keamanan.

Mengetik dan multitasking

Asus ZenBook Flip S, laptop premium dengan layar sentuh dan dilengkapi stylus. Dibanderol Seharga Rp 23 juta.Asus ZenBook Flip S. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Meski memiliki sistem 360' Ergolift Hinge, kami tak terlalu merasakan efeknya. Tapi yang pasti, tuts dalam keyboard Asus ZenBook Flip S UX371 ini enak untuk dipakai mengetik dalam waktu lama, sungguh.

Layar OLED 4K begitu memanjakan mata di kala menonton video di YouTube atau video lain. Pengaturan awal layar laptop ini pun sudah diatur di resolusi tertinggi.

Untuk diketahui, kualitas reproduksi warna atau DCI-P3 di layar ZenBook Flip S ini sudah mencapai 100%. Laptop ini juga memiliki sertifikasi dari PANTONE.

Asus ZenBook Flip S, laptop premium dengan layar sentuh dan dilengkapi stylus. Dibanderol Seharga Rp 23 juta.Touchpad Asus ZenBook Flip S begitu lapang. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Di kala multitasking, ada touchpad yang lebar hingga memakan begitu banyak porsi dari palm rest. Ada efek baik karena ruang sentuh jadi semakin lapang.

Kami tak pernah menggunakan aplikasi Microsoft Office meski di dalamnya sudah tersedia versi lengkap dan gratis. Jadi, ini salah satu bonus bila Anda membeli laptop ini.

Asus ZenBook Flip S UX371 sudah memiliki stiker Intel EVO yang memang bisa bekerja secara cepat dibantu oleh kartu grafis Intel Iris Xe. Waktu nyalanya pun terbilang singkat karena dipandu SSD M.2 NVMe PCIe 3.0 sebesar 1 TB yang kencang dan RAM 16 GB LPDDR4X.

Asus ZenBook Flip S, laptop premium dengan layar sentuh dan dilengkapi stylus. Dibanderol Seharga Rp 23 juta.Asus ZenBook Flip S tersertifikasi Intel EVO. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Aplikasi editor foto ringan seperti Lightroom maupun Photoshop mampu dijalankan dengan mudah. Namun tetap ada kekurangannya ya.

Terakhir dalam bahasan ini adalah saatnya menggunakan laptop ini sebagai kanvas. Kami menggunakan aplikasi Affynity Designer untuk menggambar menggunakan pennya.

Tak ada kendala berarti dalam penggunaannya. Karena, layar Asus ZenBook Flip S UX371 yang jernih cukup responsif dan mampu menahan tekanan hingga 4.096 level.



Simak Video "Cuma 6 Jutaan, Samsung Galaxy A52s 5G Bikin Mupeng!"
[Gambas:Video 20detik]