ThinkPad E14 Gen 2, Tangguh Bertenaga Ryzen 5 4500U

Review Produk

ThinkPad E14 Gen 2, Tangguh Bertenaga Ryzen 5 4500U

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 27 Nov 2020 21:41 WIB
Lenovo Thinkpad E14 Gen 2
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Lini ThinkPad dari Lenovo dikenal sebagai laptop yang tangguh, dengan bodi kaku yang jadi ciri khasnya.

Namun meski bodinya kaku dan terkesan jadul, namun bukan berarti jeroannya tak terus diperbarui. Contohnya adalah ThinkPad E14 Gen 2, yang menggunakan prosesor terbaru dari AMD, yaitu Ryzen 5 4500U, sebuah CPU yang punya enam core.

Tertarik untuk membeli laptop ini? Simak dulu review di bawah.

Desain ringkas tapi cukup berat
Soal desain, ThinkPad sukses mempertahankan bentuk khasnya sampai sekarang. Bedanya, semakin ke sini laptop ThinkPad juga makin tipis dan lebih elegan. Begitu pun ThinkPad E14 Gen2 ini yang langsung terasa kesan elegannya ketika pertama kali melihat. Terutama berkat warna hitamnya yang khas.

Lenovo Thinkpad E14 Gen 2Lenovo Thinkpad E14 Gen 2 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Kesan elegan juga dipertegas oleh dimensinya yang cenderung tipis. Namun masih kalah tipis bila dibandingkan dengan laptop pesaing yang berada di rentang harga sama. Meski begitu, pengguna ThinkPad biasanya akan mengkompensasi hal ini karena lebih condong pada reliabilitas yang ditawarkan.

Beralih ke sisi dalam, ukuran layar seluas 14 inci dengan resolusi full HD (1.920 x 1.080 pixel). Meski punya layar 14 inch, bodi laptop ini terbilang tetap ringkas dan tak terasa besar.

Lenovo Thinkpad E14 Gen 2Lenovo Thinkpad E14 Gen 2 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Sementara pada bagian keyboard, lini ThinkPad memang dikenal punya keyboard khas yang menurut saya sangat nyaman digunakan. Ukurannya pas, dengan key travel yang sangat nyaman saat dipakai. Oh ya, keyboard ini juga dilengkapi dengan backlit, lengkap dengan tombol TrackPoint khas lini ThinkPad.

Bobot laptop ini cukup berat untuk sebuah laptop 14 inch, yaitu sekitar 1,6kg. Dan sayangnya, chargernya masih seperti ThinkPad seri sebelumnya yang terbilang bulky, dan kabel tambahan yang cukup merepotkan.

Prosesornya kencang!
Seperti ditulis di awal, laptop ini menggunakan Ryzen 5 4500U, punya enam core dengan kecepatan dasar 2,3GHz, dan bisa meningkat sampai 4GHz pada mode turbo.

Sayangnya prosesor ini tidak memiliki fitur SMT (Simultaneous Multi-Threading) yang mampu menggandakan jumlah thread.

Sedangkan untuk kemampuan grafisnya dipercayakan pada Radeon RX Vega 6 yang tertanam langung pada prosesor. Chip grafis ini memiliki kecepatan sebesar 1,5 GHz dan 384 SP (shader processor).

Lenovo Thinkpad E14 Gen 2Lenovo Thinkpad E14 Gen 2 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Lenovo selaku produsen juga memadukannya dengan penggunaan RAM DDR4 sebesar 8 GB. Kalau dirasa kurang, laptop ini menyiapkan slot RAM tambahan yang bila diisi akan mengaktifkan mode dual-channel pada laptop ini. Praktis, performanya akan semakin kencang.

Untuk mengimbangi performa tersebut, media penyimpanan ThinkPad E14 Gen 2 juga telah dibekali SSD dengan kapasitas 512 GB yang terhubung melalui slot M.2 2242. Sedangkan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan, masih ada slot M.2 2280 yang bisa dimanfaatkan.

Untuk membuktikan performanya, pengujian dilakukan menggunakan aplikasi Cinebench. Aplikasi ini mampu mengoptimalkan pengujian untuk tiap core yang dimiliki sebuah prosesor. Termasuk menguji kemampuan grafis yang ditangani sendiri oleh prosesor.

Dari hasil pengujian CPU, AMD Ryzen 5 4500U sukses mencatatkan skor yang baik. Prosesor ini mencetak skor sebesar 666 poin yang menempatkannya sebagai prosesor terbaik di kelas menengah atas. Sementara untuk pengujian grafis berbasis OpenGL, raihan skornya adalah 41,27 fps (frame per second) yang merupakan tingkatan fps yang nyaman untuk bermain game.

Cinebench Lenovo Thinkpad e14Cinebench Lenovo Thinkpad e14 Foto: Screenshot

Meski begitu, ada yang harus dikorbankan untuk menikmati game dengan fps setinggi itu. Pengguna harus rela bermain game kelas atas dengan setelan grafis yang disesuaikan pada level rendah. Namun mengingat ThinkPad E14 Gen 2 adalah laptop yang lebih ditujukan untuk produktivitas, pengguna laptop ini sepertinya tak akan terlalu mempermasalahkan hal tersebut.

Sebab dengan performa yang ditawarkan AMD Ryzen 5 4500U, apapun aplikasinya akan lancar jaya digunakan. Meski ketika ada banyak aplikasi yang dijalankan secara bersamaan sekaligus.

Halaman selanjutnya: konektivitas dan fitur...