Review Realme X50 Pro 5G: HP Kece Penantang Ponsel Flagship - Halaman 3

ADVERTISEMENT

Review Realme X50 Pro 5G: HP Kece Penantang Ponsel Flagship

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 02 Nov 2020 06:35 WIB
Realme X50 Pro 5G
Realme X50 Pro 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Baterai

Dengan modal baterai berkapasitas 4.200 mAh, secara angka, itu masih di belakang saudaranya, misalnya Realme C yang punya baterai jumbo 6.000 mAh. Tapi, itu tak jadi masalah, sebab Realme X50 Pro 5G didukung pengisian daya 65W SuperDart Flash Charge.

Berdasarkan pengalaman detikINET, teknologi 65W SuperDart Flash Charge mampu memproses pengisian daya sampai bateri penuh hanya dalam waktu 30 menit saja.

Selain itu, Realme juga membawa teknologi fast charging lainnya di ponsel ini, seperti Quick Charge dan 18W Power Delivery. Hal ini memudahkan pengguna yang memiliki mobilitas tinggi, namun bisa dengan tenang atau tidak perlu menunggu lama, perangkatnya bisa terisi penuh baterainya.

Saat digunakan secara sehari-hari, dengan baterai 4.200 mAh masih bisa menunjang kebutuhan pemilik HP ini, bila pemakaiannya masih standar. Bila pemakaiannya cukup intens, seperti untuk bermain game maupun streaming,

Performa

Realme X50 Pro 5G dibekali chipset Snapdragon 865 5G buatan Qualcomm yang dipadu dengan konfigurasi CPU octa core mencapai 2,84 GHz, RAM 12GB serta GPU Adreno 650. Kendati spek gahar, ponsel ini tidak boros, justru hemat berkat proses fabriksasi 7nm yang disokong AI Engine generasi kelima.

Untuk menguji ketangguhan dari speknya, detikINET menjajal game PUBG Mobile dengan resolusi paling tinggi saat ini Ultra HD. Menariknya, game tembak-tembakan itu berjalan dengan halus tanpa hambatan. Saat melakukan multitasking, tidak terasa minusnya.

Spek wah lainnya datang dari memori internalnya yang bisa menampung 256GB, tentunya kelebihan ini membuat kalian bisa menyimpang lebih banyak file foto, video, maupun aplikasi berat yang sering memakan ruang penyimpanan internal.

Realme X50 Pro 5G menjalankan antarmuka Realme UI berbasis Android 10.

Menjadi perhatian adalah banyaknya aplikasi bawaan yang dinilai mengganggu atau tidak relevan dengan pengguna. Hal itu diperparah dengan susahnya aplikasi bawaan tersebut untuk dihapus.

Berdasarkan hasil benchmark PC Mark dan Geekbench.

Realme X50 Pro 5G benchmarkRealme X50 Pro 5G benchmark Geekbench. Foto: Screenshoot

Realme X50 Pro 5G benchmarkRealme X50 Pro 5G benchmark PC Mark. Foto: Screenshoot


Opini detikINET

Sebagai ponsel flagship Realme X50 Pro 5G, bisa termasuk menjadi penantang jajaran smartphone kelas wah lainnya. Apalagi speknya Snapdragon 865, Andreno 650, RAM 12GB, memori 256GB, didukung kemampuan pengisian daya 65W SuperDart Flash Charge.

Dalam pemakaian sehari-hari, HP ini tidak ada persoalan dengan panasnya perangkat bila perangkat 'disiksa' dengan game berat

Mengenai kamera, patut diapresiasi, terutama soal kepiawaian dalam melakukan zoom.

Sayangnya juga, teknologi 5G yang belum tersedia di Indonesia, membuat ponsel ini terkesan sama dengan produk yang sudah ada yang sama-sama mendukung 4G. Realme mengatakan untuk sementara ini teknologi 5G di ponsel dikunci, tapi tidak menutup kemungkinan dibuka lagi seiring dengan ketersediaan sinyal 5G di Indonesia.

Realme X50 Pro 5G sudah resmi hadir dan tersedia di Indonesia dengan dibanderol Rp Rp 11.999.000. Setiap pembeliannya akan diberikan gratis Realme Adventure Luggage.

(agt/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT