Huawei MateBook D 15, Asyik untuk Belajar atau Bekerja Online

Review

Huawei MateBook D 15, Asyik untuk Belajar atau Bekerja Online

Adi Fida Rahman - detikInet
Minggu, 01 Nov 2020 18:35 WIB
Huawei MateBook D15
MateBook D 15. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Senang rasanya bila vendor membawa seluruh perangkatnya ke Indonesia. Seperti Huawei yang tidak hanya membawa ponsel dan tablet, mereka turut membawa laptopnya.

Sudah sejak lama detikINET mendengar kabar kalau laptop besutan Huawei sama bagus dengan jajaran ponsel. Karenanya begitu ditawari untuk mereview notebook barunya, MateBook D 15, tanpa pikir panjang kami menganggukkan kepala. Terlebih laptop ini dibanderol terjangkau untuk mendukung aktivitas belajar ataupun bekerja online.

Sudah beberapa pekan ini kami menggunakan MateBook D 15 untuk bekerja. Nah berikut ini review singkatnya:

Desain

Huawei MateBook D15Huawei MateBook D15 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Huawei MateBook D 15 begitu bersih, mengingatkan kami pada MacBook milik Apple. Cangkang depannya hanya dihiasi tulisan Huawei di bagian tengah.

Sebagai laptop 15 inch, bodinya terbilang tipis hanya 16,9 mm. Kendati dimensinya terlihat besar, masih muat dimasukkan dalam ransel.

Bobot MateBook D 15 tidak begitu berat, hanya 1,62 kg. Ketika berada dalam tas tak membuat pundak pegal.

Huawei MateBook D15Huawei MateBook D15 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Berkat material aluminium yang digunakan pada sasis membuat notebook ini terasa kokoh. Huawei memberikan port yang cukup banyak.

Di sisi kirinya terdapat USB 2.0 Type-C, USB 3.1 Gen 1 Type-A, HDMI. Sementara di sisi kanan terdapat dua port USB 2.0 Type A dan colokan Audio.

Entah karena ingin tampil simpel, Huawei tidak memberikan pembeda pada port USB type A. Kebanyakan vendor lain membuat port USB 3.1 Type A berwarna biru untuk membedakan.

Huawei MateBook D15Port sisi kiri Huawei MateBook D15 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Layar

MateBook D 15 menggunakan layar LCD IPS. Dengan bentangan 15,6 inch, menjalankan dua aplikasi bersandingan dalam satu layar jadi lebih jelas dipandang. Ini berguna sekali ketika mengikuti video conference sembari membuka aplikasi Word atau notepad untuk mencatat.

Huawei membuat laptopnya ini berbezel tipis sehingga memberikan pandangan luas. Karena bezel tipis ini membuat Huawei mesti memindahkan webcam ke keyboard. Posisinya berada di antar tombol F6 dan F7, ketika hendak digunakan tinggal tekan saja maka akan keluar.

Huawei MateBook D15Webcam Huawei MateBook D15 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Huawei bilang ini dapat membantu menjaga privasi dan keamanan. Hanya saja menurut kami posisinya yang begitu pas. Kala digunakan untuk panggilan video, sorot kamera tertuju pada lubang hidung. Agar pas posisi kami harus mundur.

Kembali ke layar, karena tidak menggunakan lapisan matte mampu meredam reflektif. Saat mengetik di luar ruangan tidak ada gangguan bayangan.

Hanya saja sajian warna dari layar Matebook D 15 tidak semenonjol kebanyakan notebook di kelasnya. Tidak mengganggu saat bekerja, tapi memang tidak maksimal saat menonton film.

Selanjutnya Keyboard dan Performa...