EMUI 11 Bakal Jadi yang Terakhir Sebelum Huawei Pindah dari Android

EMUI 11 Bakal Jadi yang Terakhir Sebelum Huawei Pindah dari Android

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 28 Okt 2020 22:08 WIB
EMUI 11
EMUI 11 Bakal Jadi yang Terakhir Sebelum Huawei Pindah dari Android (Foto: Screenshot)
Jakarta -

EMUI 11 diperkirakan akan menjadi EMUI terakhir sebelum akhirnya Huawei tak lagi menggunakan Android dan beralih menggunakan Harmony OS buatannya sendiri.

EMUI atau sebelumnya dikenal sebagai Emotion UI, adalah antarmuka pengguna khusus berbasis Android yang dikembangkan oleh Huawei untuk perangkat selulernya. Sejak muncul laporan bahwa Huawei sedang menggarap Harmony OS beredar rumor beredar bahwa Huawei akan mengganti Android dengan OS yang juga disebut HongMeng OS tersebut.

Huawei sempat membantah hal tersebut dan mengatakan Harmony OS tidak ditujukan untuk smartphone. Tapi pernyataan tersebut keluar sebelum adanya pencekalan yang dilakukan pemerintah AS terhadap Huawei.

Dikutip dari GSM Arena, laporan terbaru berdasarkan wawancara dengan Head of Software Development Huawei Consumer Business Group Wang Chenglu, mengindikasikan bahwa Harmony OS kini disiapkan sebagai alternatif Android.

Dalam wawancara ini, Chenglu ditanya akan dibawa ke mana EMUI 11 dan HongMeng OS. Dijelaskan Chenglu, EMUI 11 menggunakan kerangka kerja serta penjadwal sistem dan perubahan lainnya yang sama dengan HongMeng OS.

Artinya, versi terbaru EMUI berbasis Android 11 sudah merupakan rilis transisi yang mempersiapkan perangkat dan konsumen untuk mengadopsi rilis pertama OS HongMeng untuk publik.

HongMeng OS 2.0 beta pertama kali akan hadir di TV, mobil, dan jam tangan. Sedangkan perangkat seluler yang diluncurkan dengan EMUI 11, akan menjadi yang pertama menerima HongMeng OS 2.0 OTA.

Berdasarkan timeline dari awal bulan ini, batch pertama ponsel yang mendapatkan Harmony OS/HongMeng OS adalah yang ditenagai oleh Kirin 9000 seperti jajaran Huawei Mate 40, lalu Kirin 990 5G, dan akhirnya perangkat Kirin 810 level awal.



Simak Video "Huawei Nova 7 Bisa Rekam Video 2 Arah, Ini Spesifikasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)