Review Galaxy S20 FE, Flagship Terjangkau Bukan Hanya untuk Fans

Review Galaxy S20 FE, Flagship Terjangkau Bukan Hanya untuk Fans

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 20 Okt 2020 07:17 WIB
Galaxy S20 FE
Samsung Galaxy S20 FE, Flagship Terjangkau Bukan Hanya untuk Fans Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Belum cukup mengeluarkan dua ponsel flagship dalam setahun, Samsung memboyong Galaxy S20 FE (Fan Edition) ke Indonesia. Ponsel ini hadir dengan harga yang lebih terjangkau tapi tetap membawa fitur premium ala Galaxy S20.

Sesuai namanya, Galaxy S20 FE ditujukan untuk penggemar Samsung yang ingin menjajal ponsel flagship tapi dengan budget yang terbatas. Apalagi di tengah kondisi pandemi seperti ini konsumen pasti enggan mengeluarkan belasan juta rupiah untuk ponsel flagship.

Untuk menghadirkan ponsel flagship dengan harga terjangkau Samsung tentu harus mengorbankan beberapa hal tapi tidak mengurangi rasa premiumnya. Prosesor yang digunakan tetap Exynos 990, tapi desain layar melengkung ditiadakan.

Setelah menggunakan Galaxy S20 FE selama kurang lebih satu minggu, semua fitur dan kemampuannya sudah saya jelajahi. Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut review Samsung Galaxy S20 FE.

Desain

Samsung Galaxy S20 hadir dengan enam pilihan warna yang trendi dan menarik. Ada Cloud Red, Cloud Orange, Cloud Lavender,Cloud Navy, Cloud White serta yang kami jajal Cloud Mint.

Bagian belakangnya memiliki warna hijau mint pastel dengan bingkai berwarna senada yang sangat manis dan cocok untuk siapa saja. Berbeda dengan Galaxy S20 yang memiliki bagian belakang kaca, adiknya ini memiliki lapisan plastik dengan finish matte.

Karena menggunakan plastik matte, punggung ponsel ini tidak banyak menangkap sidik jari dan noda. Tapi material yang digunakan memang agak sedikit licin.

Menggunakan material plastik tidak lantas membuat Galaxy S20 FE terlihat murahan atau ringkih. Bingkai aluminium yang mengelilingi ponsel membuatnya tetap kokoh saat digenggam dan membuat penampilannya terlihat mewah.

Galaxy S20 FEGalaxy S20 FE Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Ukuran Galaxy S20 FE terasa pas di tangan maupun di saku celana dan nyaman digenggam meski dalam durasi yang cukup panjang. Bobotnya pun tidak begitu berat.

Bagian belakang ponsel ini hanya diisi oleh tiga kamera belakang dan LED flash. Walau masuk dalam keluarga Galaxy S20, modul kamera yang digunakan justru lebih mengingatkan akan lini Galaxy Note 20 karena warnanya yang mengikuti warna punggung ponsel.

Tombol power dan volume ditempatkan di sisi kanan ponsel, dan slot untuk SIM dan microSD berada di bagian atas. Galaxy S20 FE mendukung dual SIM tapi slot yang digunakan adalah hybrid slot. Bagian bawah ponsel diisi dengan speaker dan port USB-C.

Display dan Audio

Sebelum membahas bagian yang lebih teknis, ada baiknya kita membahas desain layar yang digunakan Galaxy S20 FE. Berbeda dengan keluarga Galaxy S20 lainnya yang memiliki desain layar melengkung, ponsel ini hadir dengan layar yang datar.

Bezel di keempat sisinya juga sedikit lebih tebal dibandingkan saudaranya. Tapi Galaxy S20 FE memiliki punch hole terkecil dibanding seri Galaxy lainnya sehingga layarnya tetap terasa lapang saat digunakan.

Display Galaxy S20 FE menggunakan panel Super AMOLED dengan resolusi 1080 x 2400 pixel (Full HD+). Meski tidak menggunakan Dynamic AMOLED dan layar 1440p seperti Galaxy S20, layar ponsel ini tetap terlihat terang dengan warna yang tajam. Dengan ukuran layar 6,5 inch, ponsel ini berada di tengah-tengah Galaxy S20 dan Galaxy S20+ dari segi ukuran.

Galaxy S20 FEGalaxy S20 FE Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Galaxy S20 FE juga didukung dengan refresh rate 120 Hz yang membuat scrolling di browser dan media sosial terasa sangat mulus. Tapi fitur ini bisa membuat baterai menjadi lebih boros. Tenang saja, cukup ganti ke refresh rate 60 Hz yang lebih ramah baterai.

Refresh rate yang ada di Galaxy S20 FE tidak bersifat adaptif seperti Galaxy Note 20. Jadi jika fitur ini diaktifkan, maka akan terus aktif di semua aplikasi.

Sedikit berbeda dengan game. Jika refresh rate 120 Hz diaktifkan tapi game yang dimainkan tidak mendukung refresh rate tinggi, akan secara otomatis diturunkan ke 60 Hz.

Dengan sertifikasi HDR10+, Galaxy S20 FE bisa digunakan untuk menonton video HDR 1080p dengan optimal di YouTube. Sayangnya meski sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1, Galaxy S20 FE tidak bisa digunakan untuk menonton konten HDR di Netflix.

Untuk menikmati konten-konten multimedia, Samsung memberikan dual speaker yang terletak di bagian bawah dan di dekat earpiece. Suara yang dikeluarkan cukup keras tapi tidak cempreng, apalagi dengan dukungan dari Dolby Atmos.