Review Asus Zenbook 14, Partner Asik untuk WFH

Review Asus Zenbook 14, Partner Asik untuk WFH

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 28 Sep 2020 07:07 WIB
Asus ZenBook 14
ZenBook 14. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Asus sepertinya sadar betul selama pandemi ini permintaan laptop yang digunakan untuk kerja dari rumah atau WFH meningkat. Karenanya vendor asal Taiwan ini rajin memboyong notebook anyarnya ke Indonesia, dari kelas entry hingga premium.

Nah salah satu yang paling baru ZenBook 14 (UX425). Laptop sempat bertandang ke ruang redaksi detikINET, dan kami menjajal beberapa saat. Banyak keseruan yang dibawa perangkat ini, berikut review singkatnya:

Tampilan Elegan dan Kokoh

Laptop ini sejatinya punya layar 14 inch. Tapi lantaran bezel yang begitu tipis, membuat dimensinya seperti laptop 13 inch. Asus menyebutnya dengan NanoEdge Display, memberikan screen-to-body mencapai 90%.

Asus ZenBook 14Asus ZenBook 14 mengusung bezel tipis . Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Body-nya menggunakan bahan aluminium alloy yang membuat bobotnya sangat ringan, hanya 1,13 kg. Ya meski pun saat ini kerja hanya di rumah saja, tapi bila sudah berkantor lagi, membawa laptop ini dalam tas tak membuat pundak sakit.

Sebagai bagian dari keluarga ZenBook Classic, laptop ini masih menjaga tradisi. Mengusung tampilan elegan berpadu dengan desain Zen yang melingkar pada bagian cover. Menyuguhkan kesan premium yang begitu kuat.

ZenBook 14 (UZ425) terasa begitu kokoh. Kata Asus, laptopnya ini telah mendapatkan sertifikasi uji standar militer AS (MIL-STD 810G).

Untuk diketahui sebuah perangkat yang dinyatakan lolos kalau berhasil bertahan bila bisa digunakan di ketinggian 15.000 kaki dan di suhu rendah hingga minus 33 derajat Celcius, serta tahan setelah dijatuhkan 100 mm dalam keadaan hidup.


Asik Untuk Ngetik

Salah satu keunggulan notebook ini ada pada keyboardnya. Enak banget untuk mengetik.

Ini berkat pengadopsian edge-to-edge keyboard. Membuat jarak antar tombol tidak begitu rapat, sehingga mengurangi kesalahan menekan tombol. Karena areanya lebih lapang, tombolnya yang disediakan oleh Asus pun lengkap.

Asus ZenBook 14Keyboard ZenBook 14 dari tepi kanan hingga kiri. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Penerapan Ergolift membuat pengetikan juga lebih nyaman. Ergolift ini fitur yang membuat bodi utama ZenBook 14 (UX425) terangkat dan membentuk sudut tiga derajat ketika sedang digunakan.

Posisi tersebut membuat posisi mengetik menjadi lebih ergonomis, sekaligus meningkatkan performa pendinginan berkat rongka udara ekstra yang diciptakan dari posisi bodi utama yang terangkat.

Tidak kalah menarik pada bagian touchpad, Asus menyatukannya dengan numpad. Fitur yang disebut NumberPad ini memang juga sudah pernah diperkenalkan di berbagai lini laptop Asus, namun versi 2.0 ini membawa mendukung penggunaan touchpad dan numpad bersamaan. Sebelumnya harus memilih antara mode numpad atau touchpad terlebih dulu.

Asus ZenBook 14ZenBook 14 mengusung NumberPad Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Selanjutnya: Koneksi dan Performa...

Port dan Koneksi Lengkap

Di balik body-nya yang tipis, Asus memberikan port cukup lengkap. Di sisi kanan ZenBook 14 terdapat USB Type A dam slot microSD.

Sementara di bagian kanan terdapat port HDMI dan dua USB Type C yang mendukung teknologi power delivery. Port USB Type C di ZenBook 14 (UX425) sekaligus menjadi port Thunderbolt 3.

Kemampuan tersebut bikin penggunaannya jauh lebih luas. Salah satunya mengubungkan kartu grafis desktop menggunakan external graphic card enclosure sehingga memungkinkan laptop ini untuk digunakan sebagai laptop penunjang pekerjaan berat, mulai dari bermain game hingga membuat konten.

Asus ZenBook 14Port sisi kiri ZenBook 14 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Asus ZenBook 14Port sisi kiri ZenBook 14 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

ZenBook 14 (UX425) juga telah dilengkapi dengan konektivitas wireles menggunakan WiFi 6 (802.11ax). WiFi generasi terbaru tersebut memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan latensi yang lebih
rendah. Asus juga menghadirkan fitur WiFi Master yang memungkinkan laptop ini mampu menangkap sinyal WiFi lebih baik. Tersedia juga Bluetooth 5.0 yang dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai aksesori mulai dari headphone hingga mouse.

Performa Kencang

Hadir dengan prosesor prosesor Intel Core i7-1065G7 menghadirkan performa kencang dan tidak boros daya. Dibekali GPU terintegrasi Intel Iris Plus Graphics.

Berbeda dengan GPU Intel HD Graphics, Intel Iris Plus Graphics memiliki performa yang lebih tinggi. Meski demikian tetap hadir dengan konsumsi daya yang sangat rendah.

Menemani prosesornya, ZenBook 14 (UX425) juga dilengkapi dengan penyimpanan berupa NVMe PCIe 3.0 x4 SSD berkapasitas 512GB. Penyimpanan tersebut tidak hanya sangat kencang sehingga dapat membuat waktu loading aplikasi serta booting semakin singkat, tetapi juga lebih tahan banting.

Asus ZenBook 14Asus ZenBook 14 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Hal tersebut dikarenakan SSD tidak memiliki komponen bergerak dan bergantung sepenuhnya pada chip NAND Flash sehingga jauh lebih tahan banting ketimbang HDD.

Untuk memori, ZenBook 14 (UX425) mengandalkan modul RAM LPDDR4X terbaru berkapasitas 16GB. Kapasitas memori yang lebih lega serta lebih kencang dari LPDDR3X membuat ZenBook 14 (UX425) semakin gesit. Berbagai aplikasi pun dapat dijalankan dengan sangat lancar, bahkan sangat optimal untuk multitasking.

Meski ringkas, ZenBook 14 (UX425) memiliki kapasitas baterai mencapai 67Whr yang dapat bertahan hingga 22 jam berdasarkan pengujian Mobile Mark. Sementara saat diuji menggunakan PCMark 10 pada mode modern office, laptop ini dapat bertahan hingga 12 jam 44 menit.

Asus ZenBook 14Bagian cover ZenBook 14 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kesimpulan

ZenBook 14 (UX425) menawarkan tampilan yang elegan nan premium. Kendati body-nya ringan, tapi laptop ini kokoh.

Keyboard menjadi salah satu yang kami beri nilai plus. Sangat nyaman untuk mengetik, membuat tugas lancar dan cepat terselesaikan karena minim kesalahan.

Layar yang lapang ditambah kinerja yang ngebut membuat notebook ini cocok diandalkan saat WFH. Menikmati hiburan pun tetap asik sebab suara dari speaker Harman Kardon bantu memaksimalkannya.

Butuh partner saat kerja dari rumah selama pandemi? ZenBook 14 (UX425) bisa jadi pilihan. Laptop ini sudah tersedia di Indonesia. Harganya mulai dari Rp 14 jutaan.



Simak Video "Vivo V19, Jagoan Foto Malam yang Punya Punch Hole Terkecil"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)