Review Xiaomi Mi Band 5, Serupa Tapi Tak Sama

Review Xiaomi Mi Band 5, Serupa Tapi Tak Sama

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 15 Sep 2020 06:47 WIB
Mi Band 5
Xiaomi Mi Band 5, Apa yang Baru? Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Mi Band Xiaomi dikenal sebagai gelang pintar harga terjangkau yang jadi favorit banyak pengguna. Setiap tahunnya, Xiaomi harus membenamkan perubahan yang membedakannya dari versi sebelumnya.

Nah, di seri Mi Band 5, apa yang baru dari fitness tracker terbaru Xiaomi yang dibanderol Rp 449.000 ini?

Serupa Tapi Tak Sama

Dari segi tampilan, sekilas wearable gadget yang mendarat di Indonesia Agustus lalu ini masih mirip dengan Mi Band 4. Tapi tentu saja Xiaomi tak mau mengecewakan Mi Fans dengan merilis perangkat yang tidak diupgrade.

Desain jamnya sendiri memang tidak banyak berubah. Sejak di Mi Band 4, Xiaomi menerapkan desain layar yang datar. Berdasarkan catatan spesifikasinya, layar AMOLED di Mi Band 5 lebih lebar, yakni 1,1 inch. Sebagai perbandingan, Mi Band 4 layarnya berukuran 0,95 inch.

Dengan layar yang lebih lebar, kita bisa lebih nyaman dan leluasa melihat dan menyentuh tampilan berbagai menu pada gelang pintar ini.

Buat pengguna setia Mi Band dan hobi mengoleksi strap, sayangnya ukuran layar yang berbeda ini bikin strap Mi Band 4 jadi tidak bisa dipakai di Mi Band 5.

Jangan sedih, Xiaomi menawarkan enam pilihan warna strap yakni oranye, kuning, biru, navy, hitam, hijau mint dan teal. Siap-siap koleksi strap baru lagi deh.

Untuk pilihan Watch Face-nya juga lebih banyak dari Mi Band 4. Xiaomi menyediakan lebih dari 100 Watch Face baru yang bisa dipilih di 'Store' lewat aplikasi Mi Fit, dan lebih banyak opsi untuk desain widgetnya.

Mi Band 5Mi Band 5 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Berbagai Fungsi Baru

Gelang pintar Xiaomi jadi semakin canggih dengan dibenamkannya fitur Personal Activity Intelligence (PAI) di Mi Band. PAI memantau kualitas tidur, detak jantung, hingga intensitas aktivitas sehari-hari.

Pada dasarnya, semua yang dilakukan seharian akan ditambahkan ke skor PAI untuk memberi gambaran tentang kesehatan pengguna. Poin PAI (1-100) akan tinggi jika kita banyak gerak dan beraktivitas.

Fungsi pintar lainnya adalah fitur untuk mengelola stres. Mi Band 5 akan mengukur kadar stres, dan ada fitur 'Breathing' yang membimbing untuk mengatur nafas sampai kita merasa rileks.

Selain itu, fitur baru lainnya adalah 'Cycles'. Fitur ini adalah kalender menstruasi untuk memudahkan pengguna wanita mencatat dan melacak siklus datang haid. Fitur ini juga akan kasih pengingat sehari sebelum haid tiba.

Xiaomi meningkatkan akurasi pemantauan detak jantung di Mi Band 5. Gelang ini lebih intens merekam detak jantung pengguna selama 24 jam, bahkan ketika sedang tidur.

Kita bisa mengaturnya untuk merekam detak jantung secara otomatis sepanjang hari, hanya saat tidur, atau keduanya, bergantung seberapa banyak baterai yang ingin dihemat.

Peningkatan akurasi juga dihadirkan di fungsi pelacakan tidur. Di Mi Band 5, pengguna bisa tahu kualitas tidurnya secara lebih detail, termasuk berapa lama tidur nyenyak, tidur ringan, dan tidur siang.



Simak Video "Xiaomi Produksi HP Pakai Robot, Gimana Nasib Karyawan?"
[Gambas:Video 20detik]