Asus ROG Zephyrus G14: Tipis dan Ringan, Tapi... - Halaman 3

Review Produk

Asus ROG Zephyrus G14: Tipis dan Ringan, Tapi...

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 30 Jun 2020 20:25 WIB
Asus ROG Zephyrus G14
Asus ROG Zephyrus G14 (Foto: Istimewa)

Sayangnya, bodi tipis Zephyrus G14 menyimpan satu masalah. Yaitu sistem pendinginannya. Saat idle, suhu prosesornya berkisar di angka 40-an derajat celcius, dan saat dipakai bermain game, baik CPU maupun GPU ada di kisaran 80-90 derajat celcius.

Suhu setinggi ini sebenarnya bukan hal aneh untuk laptop game, asalkan suhu di keyboard -- yang bersentuhan dengan tangan pengguna -- tetap terjaga. Namun di Zephyrus g14, suhu di area keyboard ini terasa cukup panas, dan hampir membuatnya tak nyaman untuk dipegang.

Asus ROG Zephyrus G14Asus ROG Zephyrus G14 Foto: Istimewa

Satu lagi, suara kipas Zephyrus G14 cukup kencang. Bahkan saat idle, kipas di laptop ini masih sedikit terdengar. Saat dipakai bermain game, suaranya tentu lebih kencang lagi.

Mungkin keyboard eksternal dan headphone bakal jadi alat wajib saat bermain game menggunakan Zephyrus G14 untuk menghindari ketidaknyamanan akibat suhu dan suara kipas tadi.

Namun menurut saya, ini terbilang wajar untuk laptop dengan performa setinggi ini namun dengan bodi yang... yah, bahkan terkadang saya lupa ini adalah sebuah laptop gaming karena bodinya yang mungil dan bobotnya yang hanya sedikit lebih berat dari laptop non gaming.

Lalu soal daya tahan baterai. Saat dipakai untuk kegiatan non gaming seperti browsing menggunakan Chrome, mengetik, dan menonton video di YouTube (lewat browser) dan Netflix (lewat aplikasi dari Microsoft Store) di tingkat kecerahan 50%, baterainya bisa bertahan sekitar 8 jam.

Namun saat dipakai bermain game, baterainya bertahan kurang dari dua jam. Pengisian baterainya pun relatif cepat, menggunakan charger 180W bawaan selama satu jam bisa mengisi baterainya sampai 80%.

Asus ROG Zephyrus G14Asus ROG Zephyrus G14 Foto: Istimewa

Kesimpulan


Zephyrus G14 menurut kami adalah laptop serba bisa, dari main game, sampai menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Terlebih lagi daya tahan baterainya cukup tinggi. Keyboard dan touchpadnya pun cukup nyaman digunakan, dengan layar yang punya akurasi warna cukup tinggi.

Namun perlu diingat, laptop ini cukup panas dan suara kipasnya cukup terdengar. Namun jika Anda bisa berdamai dengan dua hal tersebut, Zephyrus G14 layak untuk dijadikan laptop utama Anda, baik untuk bekerja ataupun untuk bersenang-senang alias bermain game.

(asj/fay)