Jabra Elite 75t, TWS Rp 2 Jutaan dengan Bass Nendang

Jabra Elite 75t, TWS Rp 2 Jutaan dengan Bass Nendang

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 18 Mar 2020 08:30 WIB
Jabra Elite 75t
Jabra Elite 75t, TWS Rp 2 Jutaan dengan Bass Nendang Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Pasar true wireless system (TWS) di Indonesia semakin ramai dengan rentang harga yang variatif. Untuk pasar mid ke high-end, kini hadir Jabra Elite 75t.

Earbuds wireless ini datang untuk menantang Apple Airpods dan Samsung Galaxy Buds+. Elite 75t juga datang membawa sejumlah pembaruan dibanding Elite 65t, seperti ukurannya yang lebih kecil dan daya tahan baterai yang lebih lama.

Sebagai informasi tambahan, ini merupakan pertama kalinya saya menggunakan earbuds TWS. Sebelumnya selalu sedikit ragu dengan earbuds atau headphone wireless karena khawatir kualitas audionya kurang optimal dibanding yang menggunakan kabel.

Lalu, seperti apa performa Jabra Elite 75t? Apa bisa membuat saya yang skeptis berubah pikiran? Yuk simak terus ulasan berikut ini.

Desain

Jabra Elite 75t hadir dengan desain yang compact dan ergonomis. Wujudnya juga lebih sleek dibanding pendahulunya, Elite 65t, karena ukurannya yang 20% lebih kecil.

Untuk mengoperasikan TWS ini ada dua tombol di masing-masing earbud. Tombol ini memiliki banyak fungsi yang akan dijelaskan di bagian berikutnya. Untuk mendukung panggilan suara atau video, di setiap earbud memiliki dua mikrofon.

Earbuds ini terbilang nyaman saat digunakan dan tidak membuat telinga cepat lelah. Ukurannya juga terasa ngepas di bagian luar telinga karena tidak terlalu besar atau kecil.

Jabra Elite 75tJabra Elite 75t Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Elite 75t hadir dengan tiga pilihan eartips silikon yaitu ukuran kecil, sedang dan besar. Tidak seperti TWS kebanyakan, earbuds ini tidak memiliki earfins yang bisa membantu menjaganya untuk tetap berada di tempat saat sedang bergerak. Tapi tanpa earfins pun Elite 75t tetap bisa menempel di telinga tanpa keluar tiba-tiba.

Tidak hanya ukuran earbudsnya yang lebih kecil, ukuran charging case Elite 75t juga lebih kecil dari pendahulunya. Bahkan case-nya bisa muat di kantong jins wanita yang terkenal sangat kecil.

Charging case ini menggunakan mekanisme magnet untuk penutupnya yang bisa menutup dengan rapat. Earbuds yang berada di dalam case juga dilindungi dengan magnet, sehingga tidak mungkin jatuh dan keluar tiba-tiba jika penutup case dalam keadaan terbuka.

Di bagian belakang case terdapat USB-C untuk mengisi daya dan lampu LED sebagai indikator baterai. Sayangnya charging case Elite 75t belum mendukung wireless charging.