Redmi 8, Smartphone Oke untuk Pemula

Review

Redmi 8, Smartphone Oke untuk Pemula

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 03 Jan 2020 06:37 WIB
Redmi 8. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Di pengujung tahun 2019, Xiaomi mengeluarkan 'senjata' pamungkasnya yang bernama Redmi 8 untuk pasar Indonesia. detikINET berkesempatan untuk menjajal saudara Redmi 8A itu selama beberapa pekan kemarin.

Redmi 8 dengan kelir blue sapphire Blue pun datang ke ruang redaksi untuk dikupas seberapa menarik smartphone kelas entry level ini.



Tampilan

Dari segi fisik. Desain Redmi 8 terlihat menawan yang membuat mudah untuk jatuh hati, terutama untuk kalian yang punya budget pas di kantong.

Sisi menarik dari ponsel anyar Xiaomi ini mengusung desain kekinian yang bisa dilihat dengan keberadaan dual camera plus LED flash yang diposisikan secara vertikal di bagian punggung ponsel, fingerprint, dan notch bergaya water drop. Meskipun di satu sisi bezelnya agak tebal, tapi itu tidak mengganggu mata kalian saat seharian bersama Redmi 8

Redmi 8 dibekali dua slot SIM card di samping sebelah kiri. Ponsel ini pula mengalokasikan microSD yang bisa memperluas daya tampung memori hingga 512 GB. Sementara, sebelah kanan terdapat tombol volume dan power.

Redmi 8Foto: Adi Fida Rahman/detikINET



Beralih ke bawah ponsel, tampak ada lubang speaker di posisi kanan, tengahnya ada lubang charger USB Type-C, dan kiri ada lubang untuk jack audio 3,5 mm yang kebanyakan ponsel telah meniadakannya.

Pertama kali menggenggam Redmi 8 adalah ponsel ini cocok nyaman dalam genggaman, dalam artian ponsel ini tidak terlalu kecil maupun terlalu besar.

Untuk menjadi perhatian, bagi kalian para calon pemilik ponsel ini, ada baiknya membekali dengan casing. Sebab, kendati bodi Redmi 8 yang terbuat dari plastik polycarbonate, tetap terasa licin lantaran efek lapisan kacanya.

Layar

Gaya khas ponsel zaman sekarang yang hadir dengan notch. Redmi 8 sendiri mengusung notch bergaya water drop. Kendati notch tidak begitu besar, kamu masih bisa menyembunyikannya jika merasa kurang nyaman.

Bentang layar seluas 6,2 inch HD+ dengan resolusi 720 x 1520 piksel cukup membuat mata nyaman saat kalian beraktivitas sehari-hari dengan ponsel Redmi 8.Dukungan MIUI 11.0.3.0 pun terlihat menyegarkan mata pengguna.



Redmi 8Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kamera

Redmi 8 punya dua kamera belakang, di mana kamera utama resolusinya 12 MP dan satunya lagi 2 MP. Sedangkan, kamera depan alias untuk kebutuhan selfie ditunjang dengan 8 MP. Hasilnya?

Bagi yang baru beralih ke smartphone, maka kamera yang disuguhkan Redmi 8 cocok bagi kalian. Namun, rasa beda akan terasa untuk kalian ada dulunya pengguna smartphone di harga Rp 3 jutaan ke atas.

Berikut hasil jepretan detikINET menggunakan kamera dari Redmi 8:

IndoorIndoor. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Outdoor.Outdoor. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto


Hasil foto saat memotret malam hari.Hasil foto saat memotret malam hari. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto


Pakai mode portrait.Pakai mode portrait. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Foto kamera depan mode normal.Foto kamera depan mode normal. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Hasil foto kamera depan pakai mode Hasil foto kamera depan pakai fitur AI. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Performa

Menjajal game berat sekelas PES 2020 tak ada masalah. Hampir dalam setiap pertandingan, Redmi 8 bisa memuaskan kalian. Begitu juga ketika mencoba Need For Speed, tak ada kendala berarti. Beralih ke PUBG Mobile, ada minusnya, Redmi 8 hanya bisa memberikan pengalaman dengan kualitas layar low.

Bagaimana dengan mengedit foto atau video di Redmi 8? jawabannya masih terbilang aman. Terutama karena ponsel anyar ini dibenamkan baterai kapasitas besar mencapai 5.000 mAh. Kalian tak perlu khawatir soal habis baterai. Catatan ini juga saat bermain game.

Berikut skor benchmark dari Redmi 8:

Redmi 8, Smartphone Oke Untuk PemulaFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Opini detikINET

Meski harga Redmi 8 terjangkau, tampilan ponsel ini tidak terlihat murahan. Fitur yang diberikan cukup lengkap ada sidik jari, USB Type C, jack audio 3,5 mm, inframerah dan FM Radio.

Kualitas kameranya pun cukup baik di kelasnya. Demikian pula performanya, masih bisa menjalankan tugas multitasking dan main game.

Baterainya yang punya kapasitas besar mampu menyuplai daya seharian. Ponsel ini sejatinya didukung pengisian cepat, sayangnya kamu harus membeli charger yang mendukung fitur tersebut. Sebab Xiaomi hanya menyertakan charger standar.


(agt/fay)