Senin, 16 Sep 2019 19:30 WIB

Hands-on

Zenfone 6, Hadirkan Peningkatan yang Unik

Adi Fida Rahman - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Para vendor ponsel saling berlomba menghadirkan perangkat dengan layar penuh, termasuk Asus. Maka hasil upaya mereka diwujudkan dalam Zenfone 6.

detikINET berkesempatan menjajal ponsel ini beberapa pekan. Ada banyak perubahan yang dibawa ponsel ini dari pendahulunya.


Tapi yang pasti Zenfone 6 hadirkan pengalaman unik dengan kamera barunya. Berikut ulasan singkatnya:

Desain

Bagi kamu yang mengikuti perjalanan Zenfone pastilah akan akan langsung merasakan perubahan pada tampilan ponsel ini. Paling ketara di bagian belakangnya, tidak ada lagi zen circle yang menjadi ciri khas perangkat Asus.

Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Zenfone 6 yang bertandang ke detikINET berwarna hitam. Tampil polos dengan sedikit logo Asus di bagian tengah. Ada pula sensor sidik jari yang bentuknya berubah dari Zenfone 5Z.

Rangka ponsel ini berbahan mental, berpadu dengan cangkang dari kaca di bagian belakang. Cukup nyaman di genggaman berkat tepiannya dibuat melengkung.

Pun begitu, kami lebih suka ponsel ini diberikan case. Tidak saja bikin tambah nyaman plus melindungi bagian belakangnya. Pada paket penjualannya, Asus menyertakan case silikon transparan.


Asus memusatkan semua tombol di sisi kanan bodi. Selain power dan pengaturan volume, terdapat tombol yang diberi nama Smart Key.

Walau agak sulit dijangkau, ada sejumlah fungsi yang dimiliki. Selain bisa mengaktifkan Google Assistant, tombol tersebut untuk pengaturan posisi kamera. Di bagian bawahnya terdapat port jack audio 3,5 mm, USB type C dan speaker.

Saat digenggam, ponsel ini terasa berat. Tapi dimensinya yang tidak bongsor masih pas disimpan di saku celana.

Layar

Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Terbiasa dengan panel AMOLED yang semakin membanjiri pasar membuat tampilan layar Zenfone 6 tidak terlalu istimewa. Hanya saja karena tanpa notch dan bezel tipis, membuat layar ponsel ini begitu lega.

Ponsel ini jadi asyik untuk bermain game apalagi menonton video streaming. Sebab layarnya telah mendukung HDR 10.

Asus membekali dua speaker, suara yang dihasilkan cukup memuaskan. Namun saat menggunakan jack audio, suara lebih nendang lagi berkat adanya fitur DTS Headphone X.

(Ke halaman selanjutnya): (afr/fay)