Vivo V15 Pro, Performa Oke dengan Kamera Memuaskan - Halaman 3

Review

Vivo V15 Pro, Performa Oke dengan Kamera Memuaskan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 30 Apr 2019 19:27 WIB
Vivo V15 Pro, Performa Oke dengan Kamera Memuaskan
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kamera

Kamera menjadi jualan utama V15 Pro. Tiga kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 48MP dengan bukaan f/1.8, depth sensor 5MP dengan bukaan f/2.4, dan kamera ultrawide 8MP (13mm dengan bukaan f/2.2).

Sedangkan kamera pop-up untuk selfie-nya berukuran 32MP dengan bukaan f/2.0. Kamera ini otomatis muncul ketika mode kamera depan dipilih dalam waktu yang cukup cepat, hanya 0,46 detik. Kamera pop-up ini diklaim dapat naik turun hingga 300.000 kali atau sekitar lima tahun penggunaan.

Sebelum membahas performa kamera V15 Pro, ada baiknya dijabarkan terlebih dahulu fitur-fitur yang dibawanya. Hampir semua fitur dan mode kamera bisa diakses langsung lewat viewfinder. Beberapa mode yang tersedia seperti Night, AI Beauty, Video, Panorama, Pro dan lain-lain bisa dipilih dari menu di bawah shutter.

Untuk beralih ke mode portrait atau bokeh dan ultrawide, cukup pilih opsi yang berada di atas shutter. Untuk mengambil foto bokeh, kalian bisa langsung mengatur fokus dan level blur-nya saat mengambil foto atau setelahnya.

Selain itu ada fitur lainnya yang tersembunyi di bagian pengaturan yang ada di kanan atas viewfinder. Seperti AI Scene Identification dan mengatur suara kamera pop-up ketika naik turun.

Untuk performa kamera utamanya di siang hari, tidak ada keluhan. Gambar yang dihasilkan detailnya terlihat tajam, reproduksi warnanya juga akurat. Kalau ingin hasil yang lebih 'ngejreng', kalian bisa aktifkan AI-nya walau hasilnya sedikit berlebihan.


Sedangkan untuk malam hari performanya juga cukup mengesankan. Ketika menggunakan mode auto, detail obyek foto masih terlihat jelas, walaupun secara keseluruhan masih ada sedikit noise di sana sini.
Ketika mengambil foto dengan mode Night, bayangan dan cahaya memang bisa direproduksi dengan lebih baik, tapi foto yang diambil memang kehilangan sedikit detailnya. Patut diingat bahwa ketika menggunakan mode Night smartphone harus ditahan dalam keadaan diam selama 5 detik.

Kamera ultra-widenya juga terbilang memuaskan. Tidak terlihat adanya cekungan yang berarti di sudut foto dan semua garis terlihat lurus.

Sayang hal yang sama tidak bisa dikatakan untuk hasil gambar portrait atau bokeh. Walaupun warna dan detailnya memuaskan serta efek blur yang dihasilkan juga natural, tapi deteksi di sudut-sudut objek yang menjadi fokus masih kurang mantap.

Performa kamera depannya juga patut dipuji. Sensor 32MP-nya dilengkapi dengan beberapa fitur seperti AI Beauty untuk mempercantik wajah dan juga Gender Detection.

Patut dicatat bahwa dalam mode auto, selfie yang dihasilkan menampilkan wajah yang sangat mulus dan tekstur serta pori-pori di kulit tidak terlalu kelihatan. Ini tentu sangat menarik bagi perempuan yang selalu ingin terlihat cantik di fotonya.

Kalau ingin lebih cantik atau ganteng lagi, bisa menggunakan fitur AI Beauty. Dengan fitur ini kalian tidak hanya bisa menghilangkan noda atau tekstur di wajah, tapi juga meniruskan pipi, membuat dagu lebih tajam, mengecilkan dahi dan masih banyak lagi.

Untuk lihat langsung hasil foto yang dihasilkan oleh V15 Pro, bisa dilihat dalam beberapa foto di bawah ini:

Vivo V15 Pro, Performa Oke Kamera MemuaskanMode portrait. (Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET)

Vivo V15 Pro, Performa Oke Kamera MemuaskanMode ultrawide. (Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET)
Vivo V15 Pro, Performa Oke Kamera MemuaskanMode auto outdoor. (Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET)
Vivo V15 Pro, Performa Oke Kamera Memuaskanmode auto gelap. (Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET)

Vivo V15 Pro, Performa Oke Kamera MemuaskanMode auto (kiri) mode night (kanan). (Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET)
Vivo V15 Pro, Performa Oke Kamera MemuaskanFoto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Vivo V15 Pro, Performa Oke Kamera MemuaskanFoto: Virgina Maulita Putri/detikINET



Kesimpulan

Vivo membenamkan banyak fitur yang sedang trendy sebagai nilai jual V15 Pro. Secara keseluruhan, semua fitur tersebut berfungsi dengan semestinya bahkan melebihi ekspektasi. Tapi, fitur-fitur ini juga yang membuat harganya menjadi sedikit lebih tinggi dibanding kompetitornya di segmen menengah ke atas.

Ada sedikit aspek yang kurang memuaskan dari smartphone ini walaupun hal tersebut terbilang cukup minor. Pada segmennya, V15 Pro bisa dibilang sebagai paket lengkap yang dapat memenuhi kebutuhan spesifik semua orang.

Jadi untuk kalian yang sedang mencari smartphone dengan baterai yang awet, layar yang lapang, performa kencang, dan kamera memuaskan, V15 Pro patut dipertimbangkan sebagai pilihan. Smartphone ini bisa ditebus dengan harga Rp 5.699.000 dan dapat dibeli di Vivo store, retail dan official store Vivo di JD.id.

(vmp/krs) (vmp/krs)