Huawei P30 Lite, Ponsel Kelas Menengah yang Meriah - Halaman 2

Review Produk

Huawei P30 Lite, Ponsel Kelas Menengah yang Meriah

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 16 Apr 2019 20:50 WIB
Halaman ke 2 dari 2
Huawei P30 Lite. Foto: fyk

Kamera

Tidak ada embel-embel Leica di kamera P30 Lite, tak seperti P30 Pro dan P30. Akan tetapi tidak lantas kemudian kualitasnya jadi kacangan.

Terdapat 3 kamera belakang di P30 Lite yang disusun secara vertikal. Kamera utamanya ukuran 24 megapixel dengan bukaan f/1.8 dan PDAF. Lalu kamera kedua 8 megapixel untuk keperluan membidik obyek lebih luas dalam mode ultra wide.

Sedangkan kamera ketiga beresolusi 2 megapixel untuk membantu menghasilkan foto dengan efek bokeh. Di bawah ketiga kamera, ada lampu flash.

Oh ya, kamera depannya 32 megapixel dengan beragam fitur pendukung, cocok bagi yang senang selfie dan membagikannya di media sosial.

Soal kamera belakang, obyek dalam kondisi terang dilahapnya dengan baik. Warna-warna yang dihasilkan tajam, walau kadang jika diperhatikan dengan seksama kurang mendetail. Efek bokeh tak semaksimal smartphone papan atas, tapi tidak mengecewakan.

Sudah pula disediakan mode Night untuk membantu memotret suasana kurang cahaya tanpa bantuan flash. Untuk menggunakannya, handset harus ditahan dalam posisi diam selama sekitar 5 detik. Hasilnya lumayan walau dalam kondisi sangat gelap, detail lagi-lagi tak maksimal.

Ada artificial intelligence atau AI untuk membantu pengguna menjepret foto yang dioptimalkan sesuai obyek. Dalam beberapa percobaan, P30 Lite mampu mengenali obyek makanan sampai tumbuhan dengan hasil baik, walau kadang over warnanya.

Kabar baik lainnya, Huawei melimpahi kamera P30 Lite dengan banyak fitur. Selain AI, mode AR Lens, Night, Portrait, Photo biasa, dan video sudah ada di menu secara default.

Di bagian More, masih ada fitur Stickers, Time Lapse, Aperture, Pro, Documents,Filter, Light Painting, Slow Mo, Download untuk mengunduh fitur terkini, 3D Panorama, HDR serta Panorama. Berikut beberapa hasil fotonya.

Huawei P30 Lite, Ponsel Kelas Menengah yang MeriahPetang hari. Foto: fyk
Huawei P30 Lite, Ponsel Kelas Menengah yang MeriahPetang hari ultra wide. Foto: fyk
Huawei P30 Lite, Ponsel Kelas Menengah yang MeriahFoto makro. Foto: fyk
Huawei P30 Lite, Ponsel Kelas Menengah yang MeriahMode Night. Foto: fyk
Huawei P30 Lite, Ponsel Kelas Menengah yang MeriahSuasana terang. Foto: fyk

Kesimpulan

Huawei P30 Lite jelas tidak sama dengan P30 Pro dan P30 dan kenyataan itu merupakan hal yang wajar saja. Meski memakai nama yang sama dengan ponsel flagship tersebut, P30 Lite adalah smartphone kelas menengah dengan banderol jauh lebih murah. Dan ia tak mengecewakan.

Boleh dibilang P30 Lite adalah paket meriah di segmennya, dengan kelebihan 3 kamera belakang lumayan mumpuni, kamera selfie resolusi besar, desain memuaskan dan nyaman dalam genggaman, serta RAM dan memori internal ekstra besar.

Huawei P30 Lite, Ponsel Kelas Menengah yang MeriahFoto: fyk

Jelas P30 Lite tak sempurna bagi yang mengharapkan kualitas foto seperti P30 Pro atau performa yang luar biasa. Tapi sekali lagi di kelas yang diincarnya, P30 Lite menjadi pilihan yang solid jika mempertimbangkan kelebihan-kelebihan yang telah disebutkan.

Handset ini telah bisa dipesan di Indonesia dengan harga dipatok Rp 4,299 juta. Peminat dapat meminangnya antara lain di Lazada, Erafobe dan toko high end Huawei di mall Taman Anggrek.



(fyk/krs) (fyk/krs)