7 Hal Tentang Galaxy Note 9 yang Kalian Belum Tahu - Halaman 7

7 Hal Tentang Galaxy Note 9 yang Kalian Belum Tahu

Lucky Sebastian - detikInet
Selasa, 21 Agu 2018 14:55 WIB
7 Hal Tentang Galaxy Note 9 yang Kalian Belum Tahu
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Seri Galaxy Note Samsung identik dengan kehadiran S-Pen untuk pengguna bisa lebih produktif. Digital pen ini terus mengalami perkembangan.

Dulu, S-Pen lebih ditekankan untuk para penggemar art, kemudian melebar ke produktivitas dengan kemampuan baru untuk anotasi, tanda tangan digital, penerjemahan, dan sekarang terus berkembang membuatnya lebih berguna untuk produktivitas dan hal-hal umum dengan kehadiran bluetooth low energy.

Foto: Lucky Sebastian/detikINET

Tombol S-Pen sekarang bisa menjadi Bluetooth remote untuk berbagai keperluan, dari remote shutter kamera baik untuk S-Pen selfie dan foto jarak jauh, untuk kontrol audio dan video, hingga menjadi clicker untuk presentasi power point.

Samsung juga membuka SDK (Software Development Kit) ini agar para developer bisa menggunakan fungsi tersebut pada aplikasi-aplikasi yang mereka buat.

Menariknya, dalam S-Pen yang ramping ini terdapat super capacitor yang menyimpan daya untuk mentenagai bluetooth low energy.

Berbeda dengan baterai yang lambat laun akan degradasi kemampuannya, kapasitor akan terus bisa digunakan tanpa berkurang kemampuannya.

Setiap dimasukkan ke tempatnya, super capacitor di dalam S-Pen akan otomatis terisi. Butuh sekitar 40 detik untuk penuh dan bisa digunakan selama kurang lebih 30 menit atau 200 klik.

Foto: Lucky Sebastian/detikINET

Saat S-Pen terlalu lama di luar dan kehabisan daya untuk menjadi Bluetooth remote, fungsi untuk menulisnya tidak terganggu, S-Pen tetap mendapat induksi elektromagnetik dari lapisan khusus pengenal S-pen di bawah layar untuk dapat terus bekerja tanpa batas waktu.



(rns/rou) (rns/rou)