Rabu, 15 Agu 2018 15:04 WIB

Review

Asus ROG Strix Hero II: Cocok untuk Penggila Game MOBA

Muhammad Idris - detikInet
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Kabar baik bagi penggila laptop gaming di Indonesia, khususnya fanatik game MOBA (Multiplayer Online Battle Area). Pendatang baru dari brand ROG (Republic of Gaming) yakni ROG Hero II akan segera dirilis ke pasar Tanah Air.

Laptop dengan tampilan gahar ini sebelumnya sudah diperkenalkan di negara asalnya, Taiwan, saat gelaran Computex, Juni lalu. Dipersenjatai prosesor Intel Core i7 generasi ke-8 dan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1060 6GB, membuat kemampuan grafis dan performa game laptop gaming generasi ROG paling anyar ini tak perlu diragukan lagi. Jadi, apa pun gamenya, bisa dilahap dengan laptop yang dibanderol cukup mahal ini.

Asus ROG Strix Hero II: Laptop untuk Fanatik Game MOBAFoto: Muhammad Ridho


Sengaja dibuat dengan kesan mewah, penerus GL503 Hero ini juga dengan hadir dengan layar tipis yang membuat laptop gaming lebih ringkas. Desain sistem pembuangan panasnya juga membuatnya tampak gahar dari luar.

Hero II memiliki beberapa tampilan penyegaran yang relatif sangat baru. Meski begitu, tetap saja laptop ini mewarisi sejumlah fitur dari versi ROG sebelumnya, GL503.



Desain covernya memiliki potongan trapesium, permukaan dengan finishing brushed alumunium dan dibekali dengan anodize hitam, serta konfigurasi kelas keyboard dengan gerakan stroke tombol yang lebih dalam.

ROG Hero II GL504 memang menyasar para gamer MOBA. Meski game tersebut sebenarnya tak menuntut kebutuhan hardware yang terlalu tinggi, laptop ini sengaja dirancang dengan spesifikasi di atas kebutuhan penggila MOBA.

ROG Strix Hero II dirancang dengan tombol keyboard 'QWER' transparan yang memang didesain untuk menyasar gamer. Finishing brushed di sekitarnya sengaja dibuat Asus terbelah menjadi dua bagian, ini sekaligus mewakili arena game MOBA yang memiliki dua wilayah.

Selain itu, dengan menggunakan proses finishing in-mold, tak hanya menghasilkan permukaan yang tahan noda, tetapi juga memastikan Strix Hero II tetap bebas dari tanda sidik jari yang tidak sedap dipandang mata.

ASUS ROG Strix GL504 juga dilengkapi pencahayaan Aura Sync RGB yang menerangi keyboard dan logo ROG di penutup laptop, sehingga cukup memanjakan mata di tengah-tengah keseruan memainkan game.

Asus ROG Strix Hero II: Laptop untuk Fanatik Game MOBAFoto: Muhammad Ridho


Gahar Namun Ringkas

Kini kita beralih ke desain tampilannya. Berkat bezel tipisnya, ROG Strix Hero II memiliki lebar 2,33 cm lebih pendek dibandingkan dengan pendahulunya dan sedikit lebih kecil dari laptop 15 inch standar lainnya.

Oleh karena itu, gamer dapat menikmati pengalaman visual memainkan game yang lebih baik tanpa mengorbankan ruang layar. Asus melengkapi layarnya dengan bingkai karet tipis yang tak hanya berfungsi sebagai pelindung saat menutup laptop.

Selain itu, beratnya yang hanya 2,4 kg membuatnya relatif lebih ringan dibandingkan pendahulunya, sehingga nyaman dibawa bepergian untuk menjajal turnamen-turnamen e-sport.

Untuk layarnya, ROG dibekali IPS Full HD (1920x1080) 15,6 inci. Selain itu, layar IPS dan kecepatan respon 3ms memungkinkan para gamer untuk menikmati kecepatan refresh halus dan meningkatkan 100% warna sRGB.

Asus ROG Strix Hero II: Laptop untuk Fanatik Game MOBAFoto: Muhammad Ridho


Untuk membuat gamer lebih nyaman dan bebas dalam bergerak, port I/O yang paling banyak digunakan diletakkan di sisi kiri laptop ROG, sementara sisi kanan dicadangkan untuk port mouse USB, sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang kabel atau periferal redundan lainnya yang menghalangi mereka.

Untuk adaptornya yang memiliki input 180W, ROG terbaru ini memiliki ukuran yang lebih portabel dibanding versi sebelumnya. Meski tetap saja ukurannya masih terlihat cukup besar.

Kelebihannya dibandingkan laptop gaming lainnya, yakni sistem cooling dibuat dengan spesifikasi yang di-upgrade dari laptop-laptop pabrikan Asus lainnya.

Dua kipas 12V tak hanya mendukung kinerja lebih baik, namun dirancang sebagai kipas anti debu. Jika dibandingkan dengan kipas 5V tradisional, kipas 12V yang digunakan di laptop Hero II 20% lebih cepat, memberikan 42,5% lebih banyak aliran udara, dan menghasilkan 92% lebih banyak tekanan udara.

Asus ROG Strix Hero II: Laptop untuk Fanatik Game MOBAFoto: Muhammad Ridho


Performa Melampaui Kebutuhan Gamer

Saat membicarakan performanya, laptop ini tak perlu diragukan lagi kemampuannya. Asus mempercayakan otak GL504 pada CPU Intel Core i7 8750H yang merupakan prosesor 6 core 12 thread berkecepatan 2.2 GHz dengan Turbo hingga 4.1 GHz.

Saat diuji dengan Cinebench, prosesor ini mencatatkan poin sebesar 1177 cb poin dengan performa single core di angka 172 cb poin. Hasil ini bisa menggambarkan bahwa prosesor ini sangat bisa diandalkan untuk kerja tugas yang berat.

Bahkan, setiap mode preset di GL504GM Hero II menawarkan performa yang berbeda pula. Laptop ini berjalan dengan setting turbo core yang berbeda saat menjalankan aplikasi yang memanfaatkan banyak core prosesor.

Asus ROG Strix Hero II: Laptop untuk Fanatik Game MOBAFoto: Muhammad Ridho


Namun meski berjalan dengan mode Overboost, temperatur CPU-nya tetap sama, berkat sistem pendingin yang dilengkapi dual fan 12v dan teknologi Anti-Dust.

Sementara di sektor media penyimpanan, GL504VM Hero II menyediakan SSD m.2 NVMe berkapasitas 256 GB. Menariknnya, SSD ini memiliki kecepatan read dan write yang luar biasa tinggi dimana kecepatan write sekuensialnya mencapai angka 1163,8 MB per detik dan kecepatan read-nya mencapat 2474,3 MB per detik.

Asus pun menyematkan sebuah SSHD berukuran 1 TB di laptop ini untuk pengguna yang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih luas. Pada komponen memory, ROG Strix GL504 bisa dipasang hingga 32GB DDR4 2666MHz SDRAM. Ukuran RAM yang cukup besar tersebut sudah cukup untuk menjalankan game FPS dan MOBA dengan nyaman.

Asus ROG Strix Hero II: Laptop untuk Fanatik Game MOBAFoto: Muhammad Ridho


Kesimpulan

Asus memang sengaja sengaja membekali GL504 dengan perangkat terbaiknya, membuatnya jadi laptop gaming yang bisa merebut tempat para penggemar MOBA.

Bukan hanya karena spesifikasi yang tinggi berkat dukungan prosesor Intel Core i7-8750H, memori DDR4 sebesar 16GB serta kartu grafis GeForce GTX 1060 6GB, namun hadirnya layar IPS-Level 144Hz 3ms di laptop gaming berukuran 15,6 inch ini akan memberikan pengalaman bermain game yang terbaik.



Apalagi mengingat game-game MOBA itu kebanyakan tak menuntut hardware yang tinggi, penggunanya akan sangat minim menemukan Stuttering, Tearing dan Ghosting pada layar laptop gaming ini. Sektor desain juga menjadi salah satu alasan gamer patut menengok laptop gaming ini.

Selain soal estetika, bezel super tipis yang dihadirkannya membuat desaing laptop gaming ini lebih kompak dan akan lebih mudah dibawa kemana pun.

Asus ROG Strix Hero II: Laptop untuk Fanatik Game MOBAFoto: Muhammad Ridho


Kombinasi layar super canggih dan bezelnya yang super tipis berhasil membuat laptop ini didaulat sebagai laptop gaming 15 inch 144hz 3ms pertama di dunia yang hadir dengan bezel super tipis.

Untuk gamer bergenre FPS tak perlu khawatir, ASUS tetap menghadirkan GL504 Scar II yang menawarkan pengalaman bermain game FPS terbaik di kelasnya, berkat layar 15 inci 144hz 3ms dengan bezel super tipis dan dukungan CPU Intel Core Generasi ke-8, i7-8750H yang dikombinasikan dengan GPU NVIDIA hingga GeForce GTX 1070 8GB.




Tonton juga 'Ini Laptop Pertama di Dunia dengan Layar IPS Level 144Hz' :

[Gambas:Video 20detik]

(rns/rou)