Selasa, 17 Okt 2017 07:01 WIB

Review Produk

Asus VivoBook S: Puas untuk Produktivitas

Yudhianto - detikInet
Asus VivoBook S. Foto: Yudhianto/detikINET Asus VivoBook S. Foto: Yudhianto/detikINET
Jakarta - Seakan menjawab kebutuhan akan desain elegan dan performa mumpuni, Asus menyodorkan VivoBook S yang menawarkan keduanya.

Bisa dibilang desain dan performa memang seakan menjadi faktor yang tak bisa lagi dipisahkan di laptop saat ini. Pasalnya tak sedikit pengguna sekarang yang menginginkan perangkat dengan desain menarik, sekaligus perfoma mumpuni.

Kedua kombinasi inilah yang coba ditawarkan Asus di VivoBook S. Melalui desain yang seksi Asus tampaknya berusaha memikat pengguna yang mobile, sementara sisi spesifikasi menjawab kebutuhan penggunanya akan performa memadai di manapun.

Ditambah lagi VivoBook S juga punya bobot yang terbilang ringan, sehingga pastinya mudah di bawa ke mana-mana. Selain itu desainnya yang tipis juga tidak menghalangi Asus membenamkan segudang konektivitas demi lancarnya produktivitas pengguna.

Makin penasaran dengan VivoBook S? DetikINET yang berkesempatan melakukan review terhadap perangkat ini telah menyiapkan ulasannya. Selamat menikmati.

Desain mewah dan ergonomis

Pertama kali melihatnya, VivoBook S langsung memperlihatkan kelasnya. Apalagi melihat bobotnya yang berkisar 1,5 kg dan ketipisan yang berada di angka 17,9 mm.

Tapi nuansa elegan paling terasa berkat penggunaa motif brushed yang terlukis di bodinya. Sementara ketika layar dibuka pengguna akan dihadapkan dengan bentang 15,6 inch resolusi full HD (1.920 x 1.080 pixel).

Asus VivoBook S: Puas untuk ProduktivitasAsus VivoBook S. Foto: Yudhianto/detikINET
Asus VivoBook S: Puas untuk ProduktivitasAsus VivoBook S. Foto: Yudhianto/detikINET

Asus memadukannya dengan bezel yang cukup tipis, yakni 7,8 mm. Yang memungkinkan VivoBook S mampu menyuguhkan rasio screen-to-body hingga 80%. Alhasil, perangkat ini memang jadi lebih ringkas ketimbang laptop 15 inch pada umumnya. Namun tanpa menghilangkan kenyaman keyboard khas laptop 14 inch ke atas.

Keyboardnya terasa cukup lapang sehingga bisa meminimalisir menekan dua tombol bersamaan. Tak hanya itu, palm rest yang disediakan juga cukup leluasa yang bisa bikin pengguna tetap nyaman meski menggunakannya berlama-lama. Di samping itu berkat fitur IceCool, bagian palm rest juga akan dijaga di bawah suhu 35% demi kenyamanan pengguna.

Tapi lebih dari itu, fitur IceCool merupakan sistem pendinginan yang akan menjaga suhu operasi VivoBook S tetap optimal demi performa mumpuni.

Asus VivoBook S: Puas untuk ProduktivitasFoto: Yudhianto/detikINET

Beralih ke konektivitas, VivoBook S bisa dibilang cukup lengkap. Selain WiFi dan Bluetooth, pengguna akan dimanjakan dengan dua port USB 2.0, sebuah port USB 3.1, dan port USB 3.1 Type-C. Itu belum termasuk slot kartu SD, dan port HDMI yang juga tersedia.

Sementara untuk fitur keamanan, pengguna akan menemukan sensor sidik jari yang diposisikan oleh Asus di lokasi yang unik, yakni di sisi kanan atas touchpad.

Asus VivoBook S: Puas untuk ProduktivitasAsus VivoBook S. Foto: Yudhianto/detikINET
Asus VivoBook S: Puas untuk ProduktivitasAsus VivoBook S. Foto: Yudhianto/detikINET

Spesifikasi memuaskan

Desain ciamik tentu jadi sia-sia tanpa ditopang performa yang memuaskan. Tapi VivoBoos S dipastikan tak akan begitu bila mengacu pada spesifikasinya.

Bagaimana tidak, Asus mempercayakan prosesornya Intel Core i5 7200U yang tak perlu diragukan lagi kemampuannya. Sementara besaran RAM yang diusung berada di angka 4 GB, yang dianggap sudah mampu memenuhi kebutuhan saat ini.

Tapi akan lebih baik kalau Asus mempertimbangkan penggunaan RAM minimal 6 GB, mengingat kebutuhan komputasi saat ini yang semakin meningkat.

Beralih ke media penyimpanan, tak tanggung-tanggung VivoBook S dibekali SSD dan HDD sekaligus. SSD mengusung kapasitas 128 GB, sedangkan harddisk dipercaya pada ukuran yang mencapai 1 TB. Dengan kombinasi ini, pengguna pastinya akan merasakan performa optimal sekaligus keleluasaan penyimpanan di saat bersamaan.

Asus VivoBook S: Puas untuk ProduktivitasAsus VivoBook S. Foto: Yudhianto/detikINET

Masih ada lagi, sektor grafis juga menjadi sektor yang akan semakin memenuhi kepuasan pengguna. Pasalnya Asus membenamkan chip grafis Nvdia GeForce 940 MX dengan VRAM terdedikasi sebesar 2 GB jenis GDDR 5.

Jadi jangankan sekadar nonton film, bermain game kelas menengah pun bisa dilayani oleh VivoBook S.

Sementara untuk penikmat musik, Asus membenamkan speaker berteknologi SonicMaster yang diklaim mampu menyodorkan suara yang lebih jernih dan bass yang lebih dalam. Tapi ini hanya berlaku bila tak ada speaker eksternal. Karena sebagus-bagusnya speaker laptop pastinya lebih nyaman menggunakan speaker tambahan, asal yang berkualitas.

Bagian lainnya yang tak kalah penting bahkan krusial adalah pemasok daya. VivoBook S mengandalkan baterai 3 cell, yang telah dibekali fitur pengisian cepat. Asus sesumbar cuma butuh waktu 49 menit bagi perangkat ini untuk mengisi dayanya hingga 60%.

Dengan begitu pengguna tak harus menunggu lama-lama untuk kembali melanjutkan pekerjaannya dengan perangkat ini.

Asus VivoBook S: Puas untuk ProduktivitasAsus VivoBook S. Foto: Yudhianto/detikINET

Opini detikINET

Desain yang ditawarkan VivoBook S sejatinya sukses menunjukkan kelasnya. Bisa dibilang perangkat ini akan mampu menaikkan rasa percaya diri penggunanya lewat desainnya yang seksi sekaligus elegan. Ditambah lagi Asus juga memadukannya dengan spesifikasi yang tak bisa dianggap remeh.

Penggunaan prosesor Intel Core i5 lebih dari cukup untuk menunjukkan kalau perangkat ini ditujukkan untuk pengguna yang menginginkan komputasi tinggi. Sayang paduan RAM sebesar 4 GB dirasa tanggung. Mungkin akan lebih baik kalau Asus membenamkan minimal RAM 6 GB.

Selain itu, meski layar 15'6 inch yang diusung VivoBook S berhasil dibuat ringkas dengan penggunaan bezel tipis, mungkin ada baiknya kalau Asus mempertimbangkan varian layar yang lebih kecil untuk perangkat ini, misalnya 13 inch.

Karena dengan layar lebih ringkas tentu semakin nyaman untuk dibawa-bawa, meski dari sisi produktivitas layar 15 inch tentu lebih baik.

Asus VivoBook S: Puas untuk ProduktivitasAsus VivoBook S. Foto: Yudhianto/detikINET

Tapi terlepas dari itu, VivoBook S menjadi perangkat yang berhasil memadukan desain elegan dan spesifikasi kelas atas dalam satu paket.

Jadi bagi pengguna yang menginginkan laptop produktivitas dengan performa yang tak diragukan, namun tetap ingin bergaya sembari bekerja, VivoBook S rasanya sangat layak masuk pertimbangan.

Tertarik memboyongnya? Kalau begitu siapkan kocek senilai Rp 9,8 juta untuk membawanya pulang.

Asus VivoBook S: Puas untuk ProduktivitasFoto: Spesifikasi Asus VivoBook S


(yud/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed