Senin, 18 Mei 2015 07:50 WIB

Hands-on

Mengakali Memori Terbatas di iPhone & iPad

- detikInet
iPhone 6 (detikINET) iPhone 6 (detikINET)
Jakarta -

Salah satu fitur yang tak pernah ada di iPhone maupun iPad adalah ketersediaan slot memori eksternal. Otomatis, pengguna harus merogoh kocek lebih dalam jika ingin punya iDevice dengan space penyimpanan yang lebih besar.

Namun, bagaimana yang sudah kadung membeli dan ternyata masih kurang besar kapasitasnya? Mungkin tak masalah kalau kita rajin memindahkan data ke PC atau laptop agar storage di iPhone maupun iPad tetap lega.

Tapi kalau tidak, ini jelas masalah. Dengan berjubelnya foto, lagu, video, bahkan aplikasi yang lama mengendap di iDevice, tentu membuat ruang gerak di penyimpanan kian terbatas, sehingga sulit untuk menyimpan file baru.

Apple jelas punya alasan khusus untuk tidak menyediakan slot memori eksternal. Namun bagi pengguna yang punya data seabrek di handsetnya, kebijakan ini tentu menjengkelkan.



Namun di satu sisi, strategi Apple itu justru membuka peluang bisnis baru bagi produsen media penyimpanan. Salah satunya Sandisk yang merilis iXpand Flash Drive yang khusus diciptakan untuk iPhone dan iPad. detikINET pun langsung menjajalnya saat mendapatkan produk ini.



Sepintas, iXpand ini mirip seperti flash drive pada umumnya. Namun bedanya, selain ada colokan USB di bagian atas, perangkat ini juga dilengkapi konektor fleksibel unik yang membuatnya dapat terhubung langsung ke iPhone atau iPad tanpa perlu melepaskan cangkang pelindung.



Langsung tancapkan ke iDevice, instal aplikasinya dari App Store, selesai. Kabel konektor ini memungkinkan pengguna iPhone atau iPad dengan iOS 7 dan iOS 8 bisa dengan mudah memindahkan berbagai dokumen digital dari maupun ke dalam iXpand ini.



Sandisk membuat antarmuka khusus yang sedikit berbeda dari tampilan gallery di iOS. Pengguna mungkin butuh sedikit waktu untuk beradaptasi mengeksplorasi fitur-fiturnya. Namun setelahnya, mudah saja untuk mengoperasikannya.



Dengan alat ini, pengguna bisa memutar file multimedia meski data masih tersimpan di dalam iXpand sehingga nantinya pengguna tak perlu memindahkan dokumen.

Selain itu, SanDisk menanamkan aplikasi antar-platform, sehingga memungkinkan pengguna mentransfer dan mengakses file penting dari iPhone, iPad, komputer Apple Mac secara aman dan privasinya lebih terjaga.



Namun sayangnya, perangkat ini perlu power consumption yang cukup besar. Sehingga, baterai iPhone maupun iPad bisa cepat habis kalau menggunakannya terlalu lama.

SanDisk membanderol iXpand Flash Drive seharga Rp 1 juta untuk model 16 GB seperti yang detikINET coba. Kalau mau kapasitas yang lebih besar, kita harus merogoh kocek Rp 1,4 juta untuk 32 GB, kemudian Rp 2,15 juta untuk 64 GB, dan Rp 3,3 juta untuk 128GB.



Dalam keterangannya, flash drive ini bisa digunakan di perangkat iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 5, iPad Air 2, iPad Air, iPad Mini 3, iPad Mini 2, serta iPad Mini.

(rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed