Rabu, 24 Des 2014 07:50 WIB

Review Produk

Tipis Setengah Hati Acer Liquid Jade

- detikInet
2 2. User interface dan layar
Halaman 3 dari 6

User interface Liquid Jade tidak berbeda dengan ponsel Android sekelasnya. Hanya saja, Acer menambahkan beberapa fitur yang mungkin membuat tampilan ponsel ini sedikit berbeda dari yang lain. Ya, fitur tersebut adalah Quick Mode.

Sesuai dengan namanya, fitur ini sebenarnya tak ubahnya dengan launcher yang marak beredar di Google Play Store. Quick Mode mempermudah pengguna untuk mengakses berbagai aplikasi dan mengaturnya sesuai kehendak pengguna.

Kurang lebih terdapat tiga tema Quick Mode yang bisa dinikmati. Selain mempermudah, ketiga tema tersebut bisa membuat ponsel Anda terlihat menarik dan berbeda dengan ponsel lainnya. Daftar recent apps pun dikemas dengan unik oleh Acer.

Hal menariknya lagi adalah Acer meletakkan tombol home dan navigasi kapasitif di dalam layarnya. Dengan tombol navigasi on-screen, dugaan tombol tersebut berubah bentuk apabila ponsel ini mendapat update Android 5.0 Lollipop.

Layarnya yang berukuran 5 inch masih menggunakan resolusi 720p dengan kerapatan pixel mencapai 320 ppi. Untuk bermain game dan menonton vide HD, resolusi yang ditampilkan perangkat ini cukup baik.

Selain sudah mendukung teknologi In-plane switching (IPS), layar Liquid Jade pun sudah mengusung Corning Gorilla Glass 3 sehingga aman dari goresan.

Teknologi IPS tadi membuat sudut pandang layar Liquid Jade terlihat lebih luas. Anda pun masih bisa mengoperasikan Liquid Jade walau di bawah terik matahari sekalipun dengan memakai opsi auto atau memaksimalkan tingkat kecerahan.

Namun, perlu diingat jangan sekali-kali menghadapkan perangkat ini ke mata Anda ketika pertama kali menghidupkan dalam kondisi ruangan gelap. Hal ini karena layar Liquid Jade akan memaksimalkan tingkat kecerahannya sehingga bisa menimbulkan silau yang pada mata Anda.

Keyboard Liquid Jade cukup nyaman dioperasikan. Terbukti ketika mengetik dengan cepat kami jarang menemukan kesalahan ketik (typo). Acer juga melengkapi perangkat ini dengan keyboard Swype bagi yang terbiasa mengetik dengan Swype.

Sayangnya, untuk perangkat dengan harga Rp 3 jutaan, konstruksi body Liquid Jade mengecewakan. Hal itu terbukti dengan adanya semacam Light Bleed (kebocoran) layar pada sisi kanan dan kiri body yang jelas terlihat ketika berada di dalam ruangan gelap.

(tyo/tyo)