WD My Passport Ultra Tampil Kompak dan Cepat

Review Produk

WD My Passport Ultra Tampil Kompak dan Cepat

- detikInet
Kamis, 04 Jul 2013 13:12 WIB
WD My Passport Ultra 500 GB (dok: detikINET)
Jakarta - My Passport Ultra merupakan salah satu keluarga hardisk eksternal yang ditelurkan Western Digital. Meski bentuknya mungil, hardisk ini ternyata punya perfoma 'besar' yang sulit ditandingi produk sejenis.

Kecil, ringkas, dan ringan. Hal itu langsung terlihat saat My Passport Ultra singgah di meja redaksi detikINET. Produk ini tersedia dalam berbagai kapasitas, 500 GB, 1 TB dan akan datang dalam versi 2 TB. Namun yang akan diuji oleh detikINET adalah versi 500 GB.

Saat membeli produk ini pengguna akan mendapat satu buah kabel USB 3 sepanjang 50 cm, dan sebuah softcase untuk melindungi bodi My Passport Ultra. Sedangkan di dalam hardisk ini juga sudah terdapat buku manual dari berbagai bahasa, dan dukungan software untuk mengoptimalkan produk tersebut.

My Passport Ultra 500 GB ini bisa dipakai untuk Mac dan Windows, namun secara default produk ini sudah diformat dengan sistem NTFS. Jadi untuk para pengguna Mac hanya perlu melakukan format ulang sebelum menggunakannya.

Transfer Data Cepat

Secara teori port USB 3 mampu menyemburkan bandwitdh hingga 3,2 Gbps, atau sekitar 400 MB data tiap detiknya. Ini berarti port tersebut 6 kali lebih cepat dibanding USB 2.0.

Tapi itu memang masih sebatas teori, pengalaman detikINET hingga kini belum ada hardisk eksternal USB 3.0 yang menyentuh kecepatan tersebut, termasuk My Passport Ultra 500 GB ini.



Saat diijajal kecepatan baca produk ini mencapai 110 MB/s, Sedangkan kecepatan tulisnya sendiri bisa tembus 72 MB/s.

Itu jika dipakai pada komputer yang sudah menggunakan USB 3.0, kalau di komputer jadul yang masih memakai USB 2.0 kecepatannya hanya berkutat di sekitar 30 MB/s untuk baca dan tulis.



Jadi meski bentuknya ringkas, performa My Passport Ultra 500 GB ini ternyata punya performa yang cukup menjanjikan. Bahkan ini bisa dikatakan salah satu hardisk USB 3.0 terkencang yang pernah dijajal detikINET.

Software Tambahan

Selain manual book dalam format PDF, di dalam My Passport Ultra 500 GB ini juga terdapat aplikasi untuk memaksimalkan produk tersebut seperti, WD Drive Utilities, WD Security, dan WD Smartwave. Software ini kompatibel untuk Windows dan Mac OS.



WD Drive Utilities, melalui aplikasi ini pengguna bisa melakukan pengecekkan kondisi hardisk. Kemudian WD Security yang bisa dipakai untuk melakukan proteksi terhadap data hardisk, misalnya saja dengan cara di enkripsi dengan password atau komputer tertentu.

Terakhir WD Smartwave, piranti ini bisa dipakai untuk memudahkan proses backup. Pengguna juga bisa menjadwalkan kapan proses backup dilakukan maupun jenis file yang ingin dibackup.




Secara keseluruhan My Passport Ultra 500 GB menawarkan fitur yang cukup lengkap dari sekadar media penyimpanan biasa. Kemampuan baca tulisnya tergolong cepat, belum lagi ditunjang berbagai software untuk memaksimalkannya.

Bentuknya yang kompak dan ringan juga memudahkannya untuk dibawa-bawa, ditambah bonus softcase untuk melindungi produk tersebut. Hmm... cukup menarik, hanya saja harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal di banding hardisk eksternal dengan kapasitas yang sama yakni sekitar Rp 689 ribu.






(eno/ash)