Adu Buas 4 Ponsel Android Quadcore - Halaman 2

Head to head

Adu Buas 4 Ponsel Android Quadcore

- detikInet
Selasa, 26 Feb 2013 12:05 WIB
Halaman ke 2 dari 4

Sebagai ponsel flagship dari masing-masing vendor, Galaxy S III, One X, Nexus 4 dan Optimus G memang sudah sepantasnya didandani habis-habisan oleh pabrikan. Pertaruhan juga bukan soal desain semata, tapi juga bahan dasar yang digunakan ponsel tersebut.

Di sisi ini Galaxy S III hadir dengan bahan khas Samsung, yakni didominasi oleh bahan plastik. Tapi bukan sembarang plastik, ini adalah polycarbonate yang sudah teruji kualitasnya di mobil balap dan kokpit pesawat tempur F-22 Raptor. Jadi jangan underestimate dulu yah.

Secara keseluruhan bodi Galaxy S III terkesan cukup kokoh. Cuma sayang, form factor yang belum mengusung unibodi membuat produk ini terlihat ringkih saat bagian belakang dibuka. Penutup baterainya tipis, jadi bikin khawatir saat membukanya.

Tutup baterai Galaxy S III yang tipis

Setali tiga uang dengan Galaxy S III, HTC One X+ juga mengusung bahan polycarbonate, tapi dengan sentuhan yang lebih baik.

HTC sukses membuat produk ini terasa kokoh karena dibuat secara unibody. Bahan dasarnya juga membuat ponsel ini enak digenggam, tidak licin dan cukup ringan.

Nexus 4 tidak mau kalah. Memang, produk ini dibuat oleh LG, tapi sedikit banyak Google juga ikut andil dalam sisi penentuan desain, dan spesifikasi hardware yang dipakainya.

Nexus 4 mengedepankan lapisan Gorilla Glass depan belakang, itu sebabnya pengguna tak perlu khawatir lecet saat menggunakan produk ini. Cuma masalahnya, lapisan itu membuat ponsel ini terasa licin, terutama saat diletakkan di atas permukaan halus.

Untungnya, sisi kanan kiri dibuat dari plastik yang lengket di tangan. Jadi saat dipakai Nexus 4 terasa enak digenggam, dan bisa digunakan dengan satu tangan tanpa masalah.

Nyaris 11-12 dengan Nexus 4, Optimus G punya desain yang hampir mirip. Mungkin karena keduanya sama-sama dibuat oleh LG.



Cuma tentu ada perbedaan. Di Optimus G, LG coba mempertahankan ciri khasnya dengan mengusung model kotak, tapi kali ini dengan sudut yang sudah tidak meruncing.

Di sekeliling ponsel ini pun dilengkapi dengan lapisan krum untuk menambah kesan elegan. Dan seperi Nexus 4, Optimus G punya lapisan Gorilla Glass depan belakang.

Dari sisi desain Galaxy S III, One X, Nexus 4 dan Optimus G memang punya keunikan tersendiri, dan hal itu terkadang membuat sulit untuk menentukan mana yang paling menarik. Ini semua tergantung Anda sebagai calon pembeli, kira-kira lebih pas dengan ponsel yang mana?

(eno/ash)
Halaman Selanjutnya
(eno/ash)