Selasa, 06 Des 2011 10:42 WIB

Review Produk

HTC Sensation XE: Sensasi Suara Dr Dre yang Nendang

- detikInet
Jakarta - HTC Sensation XE merupakan smartphone pertama yang mengadopsi sistem suara rancangan Dr Dre. Kombinasi kedua vendor itu diharapkan mampu menghasilkan sebuah ponsel dengan kualitas suara memukau.

Sensation XE adalah flagship jajaran ponsel Android yang dibuat HTC. Produk ini merupakan penerus seri sebelumnya, Sensation, yang sudah dirilis beberapa bulan lalu.

Secara tampilan keduanya mirip, bentuk, ukuran dan fitur yang dibawanya. Hanya saja ada beberapa perubahan kecil yang membuat HTC Sensation XE lebih menarik dari pendahulunya.





Desain Lebih Eye Catching

Tak dipungkiri lagi jika tampilan produk ini cukup menarik, sukses membuat siapapun menoleh ketika melihatnya. Walau form factor yang digunakan masih sama dengan Sensation.

Bodinya dibuat dari bahan alumunium berpadu dengan plastik yang tidak licin di tangan. Pun demikian dengan tata letak tombol volume, power dan port USB yang mengalami perubahan dari generasi sebelumnya.

Perbedaannya terletak pada kombinasi warna yang digunakan, speaker, tombol navigasi dan lingkar kamera di HTC Sensation XE menggunakan warna merah. Sehingga memberikan kesan casual namun sporty.





Kemudian di belakang produk ini dicetak sebuah logo Beats Audio berwarna merah di bagian bawah. Menandakan bahwa ponsel ini memiliki kualitas suara rancangan Dr Dre, vendor musik yang terkenal mampu menghasilkan speaker ngebass ala musik R&B.

Di Indonesia HTC Sensation XE tersedia dalam dua pilihan warna, hitam dan putih. Masing-masing warna tersebut juga dipaketkan sebuah earphone jenis in ear dengan warna serupa.





Mengedepankan Beats Audio by Dr.Dre

Kehadiran Beats Audio inilah yang membuat HTC Sensation XE istimewa, bisa dikatakan kualitas musiknya di atas rata-rata ponsel lain di kelasnya.

Dilihat dari bentuk earphone yang ditawarkan, in ear, bisa disimpulkan bahwa suara yang dihasilkan dominan bass. Lalu bagaimana dengan detail suara yang dihasilkan?

Untuk mendapatkan efek suara dari Beats pengguna harus memutar musik dengan aplikasi bawaan dari HTC. Iseng-iseng detikINET menggunakan ponsel ini untuk memutar beberapa jenis lagu seperti, Jazz, Regae, Blues, Rock n Roll, R&B hingga heavy metal.

Untuk musik yang dominan suara rendah seperti R&B suaranya memang cukup nendang, tapi beberapa detail suara seakan terasa hilang ketika mendengarkan lagu 'I Dont Need no Doctor' yang dibawakan oleh John Mayer.

Ditambah lagi tidak disediakan equalizer pada aplikasi bawaan untuk mengakali kekurangan tersebut, yang ada hanya modus Beats On atau Off.





Di Amerika sana, perangkat Dr Dre sendiri memang sudah banyak digunakan oleh para musisi aliran R&B atau Hip Hop, jadi mungkin memang rancangan suaranya didesain untuk jenis musik tersebut.

Lalu bagaimana jika menggunakan pemutar musik lain dari pihak ketiga, Player Pro misalnya?

Oke, tak puas dengan pemutar musik bawaan yang kurang bisa diutak-atik detikINET pun menggunakan Player Pro lengkap dengan DSP Manager untuk aplikasi tersebut.

Meski sudah berhasil meningkatkan detail suara, namun detikINET tidak merasakan tendangan suara sekeras seperti menggunakan Beats, keras dan bassnya padat berisi.

Hal serupa juga terjadi ketika detikINET menggunakan aplikasi bawaan namun menggunakan earphone dari merek yang berbeda. Jadi agar optimal pengguna memang 'dipaksa' untuk menggunakan aplikasi bawaan dan earphone Beats yang disertakan.





Performa Makin Garang

HTC Sensation mungkin sudah menjadi salah satu ponsel tercepat, meski rata-rata kemampuannya masih di bawah Galaxy S II. Nah, pada produk ini kemampuannya sedikit ditingkatkan.

Chip yang digunakan masih sama, Qualcomm MSM8260, namun kecepatan dual core prosesornya ditingkatkan menjadi 1,5 GHz (sebelumnya 1,2 GHz). Sedangkan untuk memori masih berkapasitas 768 MB dan GPU memakai Adreno 220.

Dengan spesifikasi tersebut produk ini mampu mencetak angka 2678 di Quadrant dan 5111 di AnTuTu Benchmark versi 2.4.3. Cukup kencangkah? Itu tergantung kebutuhan masing-masing pengguna.

Dari sisi layar, HTC Sensation XE mengusung 4,3 inci kapasitif touchscreen dengan resolusi 540 x 960 pixel. Sedangkan kamera masih mengandalkan 8 MP yang mampu merekam video 1080p dengan suara stereo. Sama persis dengan seri sebelumnya, jadi untuk kualitas layar atau tingkat responsif tidak ada yang berubah.

HTC Sensation XE dipasarkan dengan harga sekitar Rp 6 juta, di dalam paket penjualannya pengguna sudah mendapatkan earphone Beats berserta asesorisnya, dan Micro SD berkapasitas 8 GB class 4 dari San Disk. Cukup membantu mengingat memori internal yang ada hanya 1,05 GB setelah terpakai untuk sistem operasi.

Kesimpulannya, HTC Sensation XE memang cocok bagi para pengguna yang menginginkan ponsel dengan kualitas suara ngebass dan bertenaga. Tapi perlu diingat, karakter suara ponsel ini sangat berbeda dengan iPod yang cenderung mengedepankan detail suara. Jadi pastikan tentukan selera Anda sebelum memilikinya.

Earphone Beats yang disertakan juga berhasil mengisolasi suara dengan baik. Akibatnya, selain mampu menghadang suara distorsi dari luar, menggunakan perangkat ini juga memiliki efek samping yang bikin penggunanya lupa diri. Tidak mengetahui keadaan sekitar.

Performa ponsel ini juga layak diacungkan jempol. Dengan spesifikasi yang ada, sudah pasti HTC Sensation XE mampu mengakomodir kebutuhan bermain game, nonton video HD, atau browsing hingga 4 tabs sekaligus.

Sedangkan dari segi daya tahan baterai, produk ini sudah mengalami peningkatan dari seri sebelumya. Dengan kapasitas sebesar 1730 mAh cukup untuk menemani pengguna seharian penuh beraktifitas dalam kondisi pemakaian normal.





Kelebihan:
+ Kualitas Suara Nendang
+ Desain Menarik
+ Performa cukup

Kekurangan:
- Memori internal kecil
- Aplikasi musik bawaan terbatas
- Harga relatif tinggi

Spesifikasi HTC Sensation XE:

* Sistem operasi: Android 2.3.4
* Prosesor: Dual Core 1,5 GHz
* Memori: RAM 768 MB, ROM 1,05 GB
* Layar: Capasitive touchscreen 16M
* Kamera: 8 MP 3264x2448 pixels, autofocus, dual-LED flash, Geo-tagging, touch-focus, image stabilization, face detection, instant capture.
* Baterai: Li-Ion 1730 mAh
* Bobot: 151 gr



(eno/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed