Banyak Promo, Shopee Jadi Pilihan Marketplace Utama UMKM

Banyak Promo, Shopee Jadi Pilihan Marketplace Utama UMKM

Abu Ubaidillah - detikInet
Selasa, 04 Mei 2021 16:30 WIB
kantor shopee
Foto: Moch Prima Fauzi/detikINET
Jakarta -

Banyaknya promo yang dihadirkan membuat UMKM menjadikan Shopee sebagai pilihan utama untuk berjualan online. Berdasar riset Katadata Insight Center (KIC) sebanyak 82% responden UMKM memilih Shopee, sementara kompetitornya berada pada rentang 9%-64%.

Manajer Survei KIC, Vivi Zabkie mengatakan sebanyak 86% UMKM yang disurvei menggunakan 1-3 marketplace untuk memasarkan produk. Sisanya bahkan ada yang menggunakan 4-6 marketplace berbeda. Survei ini dilakukan ke 392 UMKM di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, dan Medan pada 24 Maret-9 April 2021.

"Platform digital menjawab tuntutan konsumen di masa pandemi yang mewajibkan mereka tak banyak bepergian, tetap berada di rumah serta menjaga jarak. UMKM menyadari adanya tren peralihan konsumen ke belanja digital. Maka marketplace akhirnya menjadi tempat yang diandalkan untuk mempertemukan UMKM dengan konsumen," kata Vivi dalam keterangan tertulis, Selasa (4/5/2021).

Vivi menjelaskan dari skala 1-10, responden UMKM memberi nilai 9 atau sangat setuju marketplace telah membantu memperluas jaringan bisnis serta memicu tumbuhnya bisnis baru. Responden juga memberi nilai 8 atau setuju marketplace membantu UMKM bertahan serta mendukung keberlangsungan UMKM Indonesia di masa pandemi.

UMKM memilih Shopee sebagai marketplace pilihan utama salah satu faktornya adalah karena banyaknya promo yang dihadirkan Shopee. Mulai dari gratis ongkir, cashback, dan diskon yang diberikan dianggap memberi dampak untuk meningkatkan penjualan UMKM.

Sebanyak 89% UMKM pengguna Shopee mengaku sangat merasakan dampak berbagai program promo yang diberikan. Sementara para pesaingnya berada pada angka 11%-45%.

Survei juga menyebut Shopee unggul dari sisi membantu memasarkan produk atau toko, sebanyak 85% UMKM yang menggunakan Shopee merasakan manfaat ini. Dari sisi keamanan, marketplace ini juga dinilai aman untuk bertransaksi (69%) dan user friendly (69%).

Shopee juga unggul dari sisi keamanan. Sebanyak 92% UMKM merasakan manfaat keamanan dari platform Shopee. Tidak hanya itu, sebanyak 57% UMKM juga menyebut Shopee mendatangkan omzet atau nilai penjualan terbesar, unggul dari para kompetitornya di angka 3%-28%.

(ega/fay)