Twitter Blue untuk Android Dirilis, Harganya Rp 166 Ribuan

Twitter Blue untuk Android Dirilis, Harganya Rp 166 Ribuan

ADVERTISEMENT

Twitter Blue untuk Android Dirilis, Harganya Rp 166 Ribuan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 22 Jan 2023 21:00 WIB
Jakarta -

Twitter akhirnya merilis layanan berlangganan Twitter Blue untuk pengguna Android. Sebelumnya layanan ini sudah tersedia di aplikasi Twitter untuk iOS dan di web.

Pengguna Android kini bisa berlangganan Twitter Blue langsung dari aplikasi dengan biaya bulanan sebesar USD 11 atau sekitar Rp 166 ribuan, sama seperti biaya berlangganan yang dibayarkan pengguna iOS.

Namun, biaya berlangganan Twitter Blue lewat Android dan iOS lebih mahal ketimbang lewat web. Twitter mematok harga USD 8 per bulan atau sekitar Rp 125 ribuan untuk langganan Twitter Blue via web.

Perbedaan harga ini kemungkinan karena Twitter dan Elon Musk tidak ingin membayar komisi untuk pembelian di Apple App Store dan Google Play Store. Akibatnya, pengguna Android dan iOS harus bayar lebih mahal.

Selain itu, Twitter juga merilis paket berlangganan Twitter Blue satu tahun dengan biaya yang lebih hemat yaitu USD 84 atau sekitar Rp 1,2 juta. Namun paket langganan satu tahun ini hanya tersedia untuk pendaftaran via web, seperti dikutip dari TechCrunch, Jumat (20/1/2023).

Twitter Blue sendiri saat ini baru tersedia di enam negara yaitu Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, Selandia Baru, dan Jepang.

Biaya langganan Twitter Blue di enam negaraBiaya langganan Twitter Blue di enam negara Foto: Screenshot/Twitter

Pelanggan Twitter Blue akan langsung mendapatkan sederet fitur eksklusif. Termasuk centang biru yang sebelumnya hanya bisa didapatkan oleh selebriti, politisi, jurnalis, dan orang ternama lainnya.

Fitur lainnya yang tersedia seperti upload video 1080p dengan durasi lebih lama, edit tweet, mode membaca, serta ikon dan tema custom. Ada juga fitur tambahan seperti melihat lebih sedikit iklan di timeline dan prioritas cuitan dari akun yang terverifikasi, tapi fitur tersebut masih belum tersedia.

Twitter Blue versi baru diluncurkan pada November 2022 sebagai sumber pendapatan baru bagi perusahaan agar tidak lagi bergantung pada pengiklan. Sejak dibeli oleh Elon Musk pada Oktober tahun lalu, Twitter memang ditinggal oleh sejumlah pengiklan.

Menurut laporan terbaru The Information, pemasukan harian Twitter dari bisnis iklan turun 40% dibandingkan tahun lalu. Lebih dari 500 pengiklan teratas Twitter juga berhenti mengiklan sejak Musk mengambilalih perusahaan.

(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT