Fitur Baru WhatsApp Mudahkan Pengguna Blokir Orang

Fitur Baru WhatsApp Mudahkan Pengguna Blokir Orang

ADVERTISEMENT

Fitur Baru WhatsApp Mudahkan Pengguna Blokir Orang

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 16 Jan 2023 18:10 WIB
Ilustrasi WhatsApp
Fitur Baru WhatsApp Mudahkan Pengguna Blokir Orang Tak Dikenal Foto: Getty Images
Jakarta -

WhatsApp jadi layanan messaging yang diandalkan miliaran pengguna di seluruh dunia, dan sering disalahgunakan untuk menyebarkan spam. Untuk memudahkan pengguna menghindari kontak dan chat yang tidak diinginkan, WhatsApp sedang menyiapkan update untuk fitur blokir.

Update tersebut berupa dua shortcut atau jalan pintas yang memudahkan pengguna memblokir kontak di WhatsApp tanpa perlu membuka chat. Update itu ditemukan oleh WABetaInfo di WhatsApp beta untuk Android versi 2.23.2.4 dan 2.23.2.5.

Pertama, opsi untuk blokir kontak WhatsApp langsung dari notifikasi. Saat menerima notifikasi pesan masuk, pengguna WhatsApp akan melihat opsi 'Block' yang diapit oleh opsi 'Reply' dan 'Mute.

WABetaInfo mengatakan opsi blokir ini tidak akan muncul di semua chat yang masuk. Opsi tersebut hanya akan muncul ketika pengguna menerima chat dari kontak yang tidak dikenal dan tidak dipercayai.

"Batasan ini diperlukan karena pengguna bisa saja mengetuk aksi blokir secara tidak sengaja saat membalas notifikasi kepada kontak yang mereka percayai," kata WABetaInfo seperti dikutip detikINET, Senin (16/1/2023).

WhatsApp siapkan dua shortcut baru untuk blokir kontak tidak dikenal dengan lebih mudahWhatsApp siapkan dua shortcut baru untuk blokir kontak tidak dikenal dengan lebih mudah Foto: WABetaInfo

Kedua, WhatsApp menambahkan opsi untuk memblokir kontak langsung dari daftar chat tanpa perlu membuka percakapan. Pengguna cukup menekan dan tahan kontak yang ingin diblokir lalu klik opsi chat yang ada di sudut kanan atas.

Di situ pengguna bisa memilih opsi Block yang berada di bawah opsi Select all. Proses ini memang tidak instan seperti blokir langsung dari notifikasi, tapi jauh lebih mudah dan cepat ketimbang proses blokir kontak yang disediakan WhatsApp saat ini.

Meski bisa langsung diakses dari daftar chat, WABetaInfo mengatakan saat ini WhatsApp belum mempertimbangkan opsi untuk memblokir beberapa kontak sekaligus.

Dua metode blokir kontak WhatsApp ini masih dalam tahap pengembangan, jadi belum tersedia untuk beta tester. Belum diketahui kapan fitur ini akan dirilis untuk semua pengguna WhatsApp.



Simak Video "WhatsApp Kembangkan Fitur 'Report Status'"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT