Waspada, 10 Tanda Akun WhatsApp Dihack Orang!

Waspada, 10 Tanda Akun WhatsApp Dihack Orang!

ADVERTISEMENT

Waspada, 10 Tanda Akun WhatsApp Dihack Orang!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 15 Jan 2023 18:30 WIB
Darkweb, darknet and hacking concept. Hacker with cellphone. Man using dark web with smartphone. Mobile phone fraud, online scam and cyber security threat. Scammer using stolen cell. AR data code.
10 Tanda WhatsApp Dihack oleh Orang Jahat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tero Vesalainen
Jakarta -

Akun WhatsApp bisa dihack orang lain, karena itu kamu harus waspada dengan ciri yang ada. Perhatikan, adakah tanda-tanda akun WA dibajak orang di HP kamu? Dengan begitu, kamu bisa mengantisipasi dan segera bebenah ketika hal tidak diinginkan itu terjadi.

Untuk itu, kamu harus mengetahui tanda-tandanya sehingga bisa menjadi pedoman. Berikut ini adalah ciri-ciri akun WhatsApp kena hack seperti sudah dirangkum detikINET untuk kamu.

1. WhatsApp error

WhatsApp sering error dan performanya lambat adalah ciri yang pertama. Yang kerap terjadi adalah aplikasi WhatsApp yang sering keluar masuk sendiri.

2. Baterai boros

HP yang mendadak lebih boros dapat terjadi karena banyak hal, misalnya terlalu lama main game, menonton YouTube, hingga HP kena hack. Jika pengguna merasa tidak menggunakan aplikasi ini secara berlebihan, tetapi baterai cepat habis, bisa saja akun kamu disusupi orang lain.

3. Akun nonaktif

Pernahkah kamu mengalami akun yang mendadak tidak aktif atau tidak dapat dihubungi? Bisa jadi, akun WhatsApp telah dihack.

Biasanya, notifikasi tersebut akan muncul, saat segelintir orang tak bertanggung jawab mencoba memasuki sistem WhatsApp dan berupaya mengambil alih akun. Lalu, mereka akan mengirim email ke pengembang, mengaku telah diretas, sehingga WhatsApp bertindak menonaktifkan akun.

Atau, bisa jadi status tiba-tiba menjadi online dalam waktu yang lama padahal kamu sedang tidak membuka aplikasi. Jangan-jangan, ada orang lain yang sedang memakai akun WA kamu.

4. Notif tidak biasa

Kalau mendadak HP sering mendapatkan notifikasi yang tidak jelas, bisa jadi karena akun WA sedang dibajak orang. Lebih waspada lagi, ya.

5. Ada aplikasi mencurigakan

Tanpa menginstal apapun, tiba-tiba saja muncul aplikasi mencurigakan di HP kamu. Fungsinya sendiri, kemungkinan meretas akun WhatsApp, email, dan lain sebagainya yang berisi data pribadi.

6. Pesan aneh

Tidak pernah merasa mengirimkan chat kepada orang lain tapi kok ada pesannya, ya? Besar kemungkinan, akun WA sedang dihack orang lain.

7. Pesan terbaca sendiri

Belum membuka pesan dari orang-orang tapi kok mendadak semuanya sudah terbuka ya? Wah, jangan-jangan ada yang ngintip tuh!

8. Akun WhatsApp login di perangkat asing

Kamu bisa cek dengan membuka aplikasi WA, masuk ke titik tiga di pojok kanan dan pilih 'Linked devices'.

9. WA keluar sendiri

Tiba-tiba saja WA keluar sendiri alias logout dari HP kamu. Hal ini bisa menjadi pertanda akun WhatsApp sudah login di perangkat lain.

10. OTP

Ciri akun WhatsApp kena hack yang terakhir, yakni kamu mendapat OTP. Hal tersebut terjadi, ketika tiba-tiba akun keluar sendiri dan berupaya untuk masuk kembali. Pastikan tidak memberi kode OTP kepada siapapun.



Simak Video "Istri Cerita Pemulihan Akun YouTube Densu Usai Di-hack"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT