Instagram Permak Tampilan Aplikasi, Tombol Shopping Dihilangkan

Instagram Permak Tampilan Aplikasi, Tombol Shopping Dihilangkan

ADVERTISEMENT

Instagram Permak Tampilan Aplikasi, Tombol Shopping Dihilangkan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 11 Jan 2023 08:48 WIB
Jakarta -

Instagram kembali memperbarui tampilan aplikasinya. Pembaruan kali ini cukup signifikan karena Instagram menghilangkan tombol Shopping dari beranda aplikasinya.

Menurut informasi terbaru di laman Help Centre Instagram, perusahaan berbagi foto itu akan menghilangkan tombol Shopping dari tab navigasi yang ada di bagian bawah aplikasi. Perubahan ini akan berlaku mulai Februari 2023.

Sebagai gantinya, tombol Compose (yang memiliki ikon plus) dipindahkan ke tab navigasi dan menempati bagian tengah. Sementara itu tombol Reels digeser ke sebelah kanan menggantikan tombol Shopping.

Instagram pertama kali menguji coba tampilan feed tanpa tombol Shopping pada September lalu. Mereka mengatakan uji coba ini dilakukan untuk menyederhanakan pengalaman Instagram bagi pengguna.

Namun uji coba ini ternyata merupakan bagian dari upaya Instagram untuk mengurangi fokusnya terhadap fitur Shopping. Namun Instagram mengatakan fitur belanja tetap akan menjadi bagian dari aplikasinya, bahkan tanpa tombol utamanya di feed.

"Kalian tetap bisa menyiapkan dan menjalankan toko kalian di Instagram karena kami terus berinvestasi dalam pengalaman belanja yang menyediakan nilai terbaik bagi orang-orang dan bisnis di seluruh feed, stories, reels, iklan, dan lain-lain," kata Instagram dalam halaman dukungannya, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (11/1/2023).

Instagram sendiri sudah beberapa kali mengutak-atik tombol di tab navigasi. Sebelumnya tombol Compose yang berada di bagian tengah bawah dipindah ke sudut kanan atas dan digantikan oleh tombol Reels.

Langkah ini terbilang kontroversial karena pengguna Instagram merasa aplikasi milik Meta itu memaksa mereka untuk menggunakan produk barunya dan mengorbankan pengalaman pengguna.

Selain itu, Instagram juga memindahkan tombol Activity dari tab navigasi bawah ke sudut kanan atas bersama tombol Compose. Posisi yang sebelumnya ditempati oleh tombol Activity sekarang diisi oleh tombol Shopping.

(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT