WhatsApp Siapkan Fitur untuk Transfer Chat ke HP Baru Tanpa Backup

WhatsApp Siapkan Fitur untuk Transfer Chat ke HP Baru Tanpa Backup

ADVERTISEMENT

WhatsApp Siapkan Fitur untuk Transfer Chat ke HP Baru Tanpa Backup

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 10 Jan 2023 07:15 WIB
Ilustrasi cara mendapat centang hijau di whatsapp (WA).
WhatsApp Siapkan Fitur untuk Transfer Chat ke HP Baru Tanpa Backup Foto: Dima Solomin/Unsplash
Jakarta -

Tahun lalu, WhatsApp merilis fitur yang memungkinkan pengguna untuk transfer chat dari Android ke iOS dan sebaliknya. Kini, WhatsApp sedang mengembangkan fitur baru untuk transfer chat ke ponsel lain tanpa perlu backup ke cloud.

Fitur baru ini ditemukan oleh WABetaInfo di WhatsApp beta untuk Android versi 2.23.1.25 dan 2.23.1.26. Saat ini fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan dan belum tersedia untuk bera tester.

Dari screenshot yang dibagikan oleh WABetaInfo, pengguna akan melihat opsi untuk transfer chat di pengaturan WhatsApp bersama opsi untuk backup chat dan melihat riwayat chat.

Dengan fitur transfer chat, pengguna bisa memindahkan riwayat chat-nya dengan mudah dari satu ponsel Android ke ponsel lainnya tanpa perlu backup ke Google Drive terlebih dahulu.

Dalam update selanjutnya, WABetaInfo juga membagikan cara kerja fitur transfer chat di WhatsApp yang terlihat sangat mudah. Dari screenshot yang dibagikan, mereka menjelaskan pengguna cukup download aplikasi WhatsApp di ponsel Android baru.

Fitur transfer chat di WhatsAppFitur transfer chat di WhatsApp Foto: WABetaInfo

Setelah membuka WhatsApp di ponsel baru, pengguna cukup memindai QR code yang ditampilkan di layar untuk memulai proses pemindahan chat ke perangkat Android baru, seperti dikutip dari WABetaInfo, Selasa (10/1/2023).

WABetaInfo mengatakan fitur baru ini akan memudahkan pengguna karena bisa menyederhanakan dan mempercepat proses transfer chat antar ponsel Android. Namun mereka tetap menyarankan pengguna WhatsApp untuk rajin backup chat ke Google Drive untuk mencegah kehilangan data atau percakapan penting.

Karena saat ini fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan, belum diketahui kapan fitur transfer chat akan dirilis kepada pengguna WhatsApp. Belum diketahui juga apakah fitur ini akan tersedia di WhatsApp untuk iOS.



Simak Video "WhatsApp Dikabarkan Uji Coba Fitur Kirim Foto Resolusi Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT