Hadirkan Banyak Fitur, Pengguna PLN Mobile Terus Meroket

Hadirkan Banyak Fitur, Pengguna PLN Mobile Terus Meroket

ADVERTISEMENT

Year in Review 2022

Hadirkan Banyak Fitur, Pengguna PLN Mobile Terus Meroket

Dea Duta Aulia - detikInet
Rabu, 04 Jan 2023 21:25 WIB
PLN Mobile
Foto: dok. PLN
Jakarta -

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) melakukan transformasi besar-besaran dengan mengedepankan aspek service excellent atau pelayanan prima. Hal itu terlihat dari kehadiran aplikasi PLN Mobile.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan aplikasi tersebut memiliki cerita panjang sebelumnya akhirnya banyak digunakan dan mendapatkan respon positif dari para pelanggan.

Ia mengatakan aplikasi versi sebelumnya bisa dikatakan belum mendapatkan respon positif dari masyarakat. Hal itu terlihat dari rating dan jumlah downloader yang masih menunjukkan capaian kurang memuaskan.

"Dulu, layanan pelanggan PLN berbelit, manual, lambat. Aplikasi PLN Mobile versi sebelumnya hanya mendapatkan rating 2,5. Jumlah downloader-nya hanya 500 ribu, sementara yang uninstall 450 ribu," kata Darmawan.

Ia menuturkan versi lama aplikasi tersebut, menyebabkan para pelanggan masih belum maksimal dalam mendapatkan pelayanan. Bahkan sistem kerja manual masih banyak dikerjakan meskipun aplikasi tersebut telah hadir.

Darmo juga bercerita bagaimana pada waktu itu proses melanjutkan komplain pelanggan meski sudah ada aplikasi. Ia mengakui prosesnya tetap masih manual, oleh sebab itu pelayanannya masih lambat kepada masyarakat.

"Jadi ada komplain, masuk ke dalam list kemudian dimasukkan secara manual oleh petugas kami ke dalam complaint handling system. Kemudian forward ke kantor cabang kami di mana rumah itu berdomisili. Itu 2,5 tahun yang lalu," ujarnya.

Namun setelah dilakukan pembaruan, respon dan jumlah pengguna aplikasi tersebut cenderung meroket. Secara angka, Darmawan menyebutkan kenaikan jumlah pengguna lebih dari 5 kali lipat.

"Sekarang, silahkan cek di playstore. PLN Mobile ratingnya 4,8, dengan downloader 35 juta. Kolom komentarnya penuh pujian dan apresiasi. Dan ini berhasil kami capai kurang dari satu tahun. Perjuangan ini kami lakukan all-out hanya demi satu tujuan, yaitu pelayanan terbaik bagi seluruh rakyat Indonesia," tutur Darmawan.

Ia mengatakan kehadiran dan pembaruan pada aplikasi tersebut membuat pelayanan PLN menjadi jauh lebih cepat. Bahkan penanganan gangguan dengan mengintegrasikan aplikasi PLN Mobile dengan virtual command center dan yantek optimization.

Hal itu juga bermanfaat untuk melakukan pemantauan terhadap petugas PLN di lapangan. Mereka bisa terpantau oleh para pelanggan dan manajemen sehingga gangguan kelistrikan yang dialami bisa segera diatasi.

"Performance petugas-petugas PLN di lapangan yang sebelumnya tidak terukur kini terukur dan termonitor langsung oleh pelanggan juga manajemen PLN hingga ke tingkat atas," ungkapnya.

Menurutnya, capaian tersebut tidak terlepas dari sejumlah fitur yang membalut aplikasi PLN Mobile. Setidaknya ada 13 layanan PLN yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan di aplikasi PLN Mobile.

Adapun layanan tersebut meliputi, Token dan Pembayaran Tagihan Listrik, Pengaduan, Catat Meter, Penyambungan Baru, Ubah Daya dan Migrasi, Penyambungan Sementara, Simulasi Biaya, E-Billing, Marketplace, PLN Magazine, Electric Vehicle, Layanan Listriqu, dan Layanan Internet.

Tak hanya itu, ada pula fitur Electric Vehicle yang untuk mendorong ekosistem perkembangan kendaraan listrik di Indonesia. Di mana dalam fitur tersebut terdapat sejumlah layanan Test Drive, Home Charging, Swap Battery, dan SPKLU.

"Hal ini membuat kepercayaan masyarakat meningkat untuk menggunakan PLN Mobile," tutupnya.

Download PDF Report di sini.



Simak Video "Year in Review 2022: Transformasi Digital dan Transisi Energi dalam Pemulihan Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT