Asyik! Google Chrome Kini Tak Lagi Boros Baterai dan RAM

Asyik! Google Chrome Kini Tak Lagi Boros Baterai dan RAM

ADVERTISEMENT

Asyik! Google Chrome Kini Tak Lagi Boros Baterai dan RAM

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 12 Des 2022 11:15 WIB
Google Chrome
Asyik! Google Chrome Kini Tak Lagi Boros Baterai dan RAM Foto: dok windowslatest
Jakarta -

Salah satu hal yang sering dikeluhkan pengguna Google Chrome adalah memakan banyak RAM dan boros baterai. Untungnya, berkat update terbaru Google Chrome merilis fitur untuk membuat konsumsi RAM dan baterai jadi lebih efisien.

Lewat update Chrome versi 108, Google merilis fitur Memory Saver yang diklaim bisa menurunkan penggunaan memori hingga 30%. Jika diaktifkan fitur ini bisa mengistirahatkan tab yang sedang tidak dibuka, dan baru akan dimuat lagi saat dibutuhkan.

"Tab kalian yang tidak aktif akan tetap bisa dilihat. Ketika kalian membuka ulang tab yang tidak aktif, tab itu akan dimuat ulang secara otomatis," tulis Google dalam blog-nya, seperti dikutip dari 9to5Google, Senin (12/12/2022).

Google Chrome akan menampilkan notifikasi di bilah address saat fitur memory saver diaktifkan, dan kalian juga bisa mematikannya secara manual. Google juga akan memberikan indikator visual yang menunjukkan berapa banyak memori yang berhasil dihemat.

Pengguna juga bisa menambahkan beberapa website ke dalam daftar pengecualian untuk mencegah Chrome membekukan website tersebut. Google menyarankan pengguna untuk mengaktifkan fitur memory saver jika ingin tab aktif dengan video dan game berjalan dengan mulus.

Sedangkan fitur Energy Saver dirancang untuk menghemat konsumsi daya dengan cara membatasi aktivitas di background dan efek visual untuk website dengan animasi dan video. Fitur ini bisa diaktifkan secara manual, atau Google juga memberikan dua opsi yaitu:

  • Diaktifkan hanya saat baterai laptop kurang dari 20%.
  • Diaktifkan saat laptop sedang tidak dicas.

Google akan menampilkan indikator di menu bar Chrome saat fitur Energy Saver diaktifkan. Indikator tersebut berupa ikon daun berwarna hijau yang bisa diklik kapan saja.

Fitur memory saver dan power saver akan tersedia di Google Chrome 108 di Mac, Windows, dan Chromebooks secara global dalam beberapa minggu ke depan. Kalian bisa mencobanya dengan membuka menu Settings, lalu pilih opsi Performance di sidebar sebelah kiri.

Kalau dua fitur ini belum tersedia untuk perangkat kalian, coba gunakan dua flag berikut ini dengan cara menyalinnya di bilah address:

  • chrome://flags/#battery-saver-mode-available
  • chrome://flags/#high-efficiency-mode-available


Simak Video "5 Browser untuk Menjelajah Deep Web"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT