WhatsApp Uji Coba Fitur Pesan Dilihat Sekali Lalu Hilang

WhatsApp Uji Coba Fitur Pesan Dilihat Sekali Lalu Hilang

ADVERTISEMENT

WhatsApp Uji Coba Fitur Pesan Dilihat Sekali Lalu Hilang

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 12 Des 2022 05:40 WIB
Ilustrasi WhatsApp
WhatsApp Uji Coba Fitur Pesan View Once, Tak Hanya untuk Foto Foto: Getty Images
Jakarta -

WhatsApp sedang mengembangkan fitur baru untuk meningkatkan privasi penggunanya. Fitur baru tersebut adalah "view once text" yang cara kerjanya mirip seperti fitur view once yang tersedia saat ini.

Fitur baru ini ditemukan oleh WABetaInfo di WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.25.20. Saat ini fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan jadi belum dirilis untuk beta tester.

WhatsApp sebelumnya sudah meluncurkan fitur view once yang memungkinkan pengguna mengirimkan foto dan video yang akan menghilang secara otomatis setelah dibuka oleh penerima. Nah, fitur view once text ini memiliki cara kerja yang sama tapi untuk pesan berbentuk teks.

Dari screenshot yang diunggah oleh WABetaInfo, pengguna yang mengirimkan pesan dalam bentuk view once text akan melihat tombol send dengan simbol gembok.

Fitur view once text di WhatsAppFitur view once text di WhatsApp Foto: WABetaInfo

Pesan yang dikirimkan menggunakan fitur ini akan langsung menghilang dari chat setelah dibuka oleh penerimanya, jadi pesan hanya bisa dibaca sekali sebelum menghilang. Jika penerima pesan ingin membaca pesan lagi, muncul peringatan dari WhatsApp bahwa pesan tersebut sudah kedaluwarsa.

WABetaInfo mengatakan karena fitur ini masih dalam tahap pengembangan ada kemungkinan layout dari bubble view once text dan tombol kirim akan berubah sebelum fitur ini dirilis, seperti dikutip detikINET, Minggu (11/12/2022).

Fitur baru ini tentu sangat berguna bagi pengguna WhatsApp yang ingin mengirimkan pesan penting dan rahasia yang ingin segera dihapus dari ponsel penerima. Sebenarnya sudah ada fitur disappearing messages yang serupa, tapi dengan view once pesan bisa dihapussecara instan.

Sama seperti foto dan video yang dikirim menggunakan fitur view once, pesan teks yang dikirim pakai fitur ini juga tidak bisa diteruskan dan disalin. Pesan juga tidak bisa di-screenshot, tapi ini masih menunggu fitur blokir screenshot diluncurkan terlebih dahulu.

Belum diketahui kapan fitur view once text ini akan dirilis untuk beta tester dan kemudian untuk seluruh pengguna. WhatsApp sendiri baru saja merilis fitur Avatar yang bisa digunakan sebagai stiker dan foto profil.



Simak Video "WhatsApp Kembangkan Fitur 'Report Status'"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT