Asyik! WhatsApp Mulai Rilis Fitur Avatar Ala Instagram

Asyik! WhatsApp Mulai Rilis Fitur Avatar Ala Instagram

ADVERTISEMENT

Asyik! WhatsApp Mulai Rilis Fitur Avatar Ala Instagram

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 25 Okt 2022 06:20 WIB
Ilustrasi cara mendapat centang hijau di whatsapp (WA).
WhatsApp Mulai Rilis Fitur Avatar Ala Instagram dan Messenger Foto: Dima Solomin/Unsplash
Jakarta -

WhatsApp mulai merilis fitur avatar yang sebelumnya sudah hadir di Instagram dan Messenger. Pengguna WhatsApp yang beruntung sudah bisa membuat avatar sesuai keinginannya.

Kehadiran fitur avatar ini ditemukan WABetaInfo di aplikasi WhatsApp beta untuk Android versi 2.22.23.9. Fitur ini baru tersedia untuk beberapa beta tester yang beruntung.

Pengguna yang sudah kebagian fitur ini akan menemukan opsi 'Avatar' di menu pengaturan. Jika diklik, pengguna bisa mengkustomisasi tampilan dirinya dalam format digital.

Sama seperti Bitmoji di Snapchat, serta avatar di Instagram dan Messenger, avatar di WhatsApp juga bisa dibuat menjadi sticker pack yang bisa dikirimkan kepada keluarga dan teman. Stiker-stiker tersebut menampilkan avatar yang sudah dipilih dalam berbagi pose yang menarik.

Tidak hanya untuk dikirimkan, pengguna WhatsApp juga bisa menggunakan avatar buatannya sebagai foto profil, seperti dikutip dari WABetaInfo, Senin (24/10/2022).

WABetaInfo pertama kali melaporkan fitur ini bulan lalu, tapi baru saat ini mulai digulirkan kepada pengguna WhatsApp. Belum diketahui kapan WhatsApp akan merilis fitur ini untuk semua pengguna Android, atau rencana untuk membawanya ke iOS.

Sayangnya, kehadiran fitur avatar di WhatsApp tidak bertahan lama. Setelah digulirkan ke segelintir beta tester, fitur ini dimatikan lagi kemungkinan karena bug yang muncul saat pengguna mencoba membuat avatar, seperti dilaporkan WABetaInfo.

Meta pertama kali meluncurkan avatar di Messenger dan News Feed Facebook pada tahun 2019, sebelum membawanya ke komentar dan Stories Facebook pada tahun 2020. Pada awal tahun ini, fitur avatar juga datang ke Instagram Stories.

Saat itu, General Manager Meta for Avatars and Identity Aigerim Shorman mengatakan update avatar ini merupakan bagian dari upaya Meta untuk membangun metaverse, yang tidak hanya mencakup virtual dan augmented reality, tapi juga platform ponsel dan komputer.



Simak Video "WhatsApp Akan Rilis 21 Emoji Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT