WhatsApp Premium Mulai Dirilis, Ini Bedanya dengan Versi Gratis

WhatsApp Premium Mulai Dirilis, Ini Bedanya dengan Versi Gratis

ADVERTISEMENT

WhatsApp Premium Mulai Dirilis, Ini Bedanya dengan Versi Gratis

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 12 Okt 2022 13:45 WIB
Wappin WhatsApp Business Platform
WhatsApp Premium Mulai Dirilis, Apa Bedanya dengan Versi Gratis? Foto: Dok. Wappin
Jakarta -

WhatsApp sedang menguji coba fitur premium berbayar untuk WhatsApp Business. Lantas, apa bedanya dengan WhatsApp biasa yang dipakai miliaran pengguna?

Kehadiran WhatsApp Premium sebenarnya sudah diumumkan oleh tipster WABetaInfo sejak Mei 2022. Layanan berbayar ini memungkinkan pengguna WhatsApp Business untuk menggunakan fitur eksklusif yang memudahkan mereka berinteraksi dengan konsumennya.

Beberapa bulan setelah diumumkan, WhatsApp akhirnya merilis layanan WhatsApp Premium kepada beberapa pengguna WhatsApp Business yang terdaftar sebagai beta tester. Fitur ini sudah tersedia di WhatsApp Business beta untuk Android dan iOS, seperti dikutip dari WABetaInfo, Rabu (12/10/2022).

WhatsApp Premium sendiri merupakan fitur opsional. Jadi bisnis yang ingin menggunakan fitur yang ditawarkan WhatsApp Premium bisa membayar biaya berlangganan bulan untuk menggunakannya. Saat ini WhatsApp Premium menawarkan dua fitur eksklusif yaitu:

1. Link bisnis custom

URL unik yang bisa digunakan oleh bisnis agar lebih mudah dikenali dan dihubungi oleh konsumennya. Contoh link yang dimaksud seperti https://wa.me/mybusiness. Bagian 'mybusiness' ini yang bisa diganti mengikuti nama bisnis.

Pelanggan WhatsApp Premium bisa mengganti nama di URL ini setiap 90 hari. Perlu dicatat bahwa jika bisnis berhenti berlangganan WhatsApp Premium maka URL custom itu akan kedaluwarsa dan bisa dipakai oleh bisnis lain.

2. Multi-device hingga 10 perangkat

WhatsApp saat ini sudah mendukung fitur multi-device untuk satu ponsel dan empat perangkat tambahan. WhatsApp Premium untuk bisnis menambah kapasitas multi-device hingga 10 perangkat.

Dengan upgrade ini, pemilik bisnis bisa menghubungkan satu akun WhatsApp ke 10 perangkat sekaligus. Jadi akun WhatsApp bisnis bisa dikelola oleh lebih banyak admin dan bisa melayani lebih banyak konsumen.

WABetaInfo menekankan bahwa fitur yang tersedia di WhatsApp Business saat ini tetap bisa digunakan secara gratis. WhatsApp Premium merupakan layanan opsional sehingga hanya bisnis yang ingin menggunakan dua fitur eksklusifnya yang harus membayar biaya berlangganan.

WABetaInfo tidak mengungkap berapa biaya berlangganan bulanan WhatsApp Premium. Mereka mengatakan biaya berlangganan WhatsApp Premium kemungkinan berbeda di masing-masing negara.

Bisnis yang sudah berlangganan WhatsApp Premium bisa berhenti berlangganan kapan saja, dan tetap bisa mengakses fitur premium sampai akhir periode tagihan. Karena layanan ini menawarkan fitur eksklusif untuk bisnis, WABetaInfo meyakini WhatsApp Premium tidak akan dirilis untuk aplikasi WhatsApp biasa yang non-Business.

WhatsApp Premium sudah digulirkan untuk beta tester WhatsApp Business di Android dan iOS. Belum diketahui kapan layanan ini akan dirilis untuk semua pengguna WhatsApp Business.



Simak Video "Kenali Beda WhatsApp Premium dengan Versi Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT