Screenshot Tweet, Bisa Dapat Peringatan dari Twitter

ADVERTISEMENT

Screenshot Tweet, Bisa Dapat Peringatan dari Twitter

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 11 Okt 2022 20:14 WIB
Ilustrasi Twitter
Twitter Peringatkan Pengguna yang Screenshot Tweet, Ada Apa? Foto: Associated Press
Jakarta -

Twitter rupanya tahu kalau pengguna sering screenshot cuitan yang viral untuk dibagikan ke platform lain. Bahkan Twitter mulai memperingatkan pengguna saat mengambil screenshot dan mengarahkan pengguna untuk membagi link cuitan.

Beberapa pengguna Twitter melaporkan melihat notifikasi pop-up yang meminta mereka untuk membagikan link cuitan. Peringatan ini muncul saat pengguna mencoba screenshot cuitan yang dimaksud.

Pengguna yang menemukan peringatan itu mengaku melihat peringatan yang berbeda saat mengambil screenshot. Ada yang melihat tombol 'Copy Link' untuk menyalin tweet, ada yang melihat tombol 'Share Tweet', dan ada yang melihat dialog berisi dua tombol tersebut.

Juru bicara Twitter mengatakan peringatan tersebut memang bagian dari uji coba yang melibatkan sebagian kecil pengguna Twitter untuk iOS.

"Jutaan Tweet dibagikan dari Twitter ke platform lain setiap hari. Kami ingin membuat Tweet dapat diakses oleh semua orang, bahkan ketika mereka meninggalkan platform kami, dan memungkinkan orang lain dengan mudah kembali ke percakapan penuh di Twitter," kata juru bicara Twitter, seperti dikutip dari TechCrunch, Selasa (11/10/2022).

"Kami sedang menguji coba peringatan baru ini dengan sekelompok kecil pengguna di iOS untuk memberitahu mereka ada cara lain mereka dapat berbagi Tweet dengan teman-temannya," sambungnya.

Ini merupakan salah satu strategi Twitter untuk mengajak lebih banyak orang menggunakan platform-nya. Saat pengguna internet membaca tweet lewat screenshot, mereka tidak berinteraksi langsung dengan Twitter dan perusahaan berlogo burung itu tidak mendapat keuntungan apa-apa.

Kalau pengguna membagikan tweet ke temannya, bukan dalam bentuk screenshot, maka teman tersebut bisa menghabiskan waktu lebih lama di Twitter. Semakin lama waktu yang mereka habiskan di Twitter, semakin banyak tweet dan iklan yang mereka lihat.

Pada bulan Agustus lalu, Twitter memulai eksperimen yang memungkinkan beberapa pengguna untuk menggunakan Twitter tanpa membuat akun. Pengguna bisa mengikuti 50 akun dan membalas cuitan tapi mereka tidak dapat menggunakan beberapa fitur seperti retweet dan like.



Simak Video "Twitter Uji Coba Fitur 'Edit Tweet'"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT