Susah Pulang? Ini 5 Aplikasi Pantau Banjir di Jakarta dan Sekitarnya

ADVERTISEMENT

Susah Pulang? Ini 5 Aplikasi Pantau Banjir di Jakarta dan Sekitarnya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 06 Okt 2022 18:45 WIB
Update Banjir Jakarta Hari Ini 6 Oktober: Titik Lokasi dan Kondisi
5 Aplikasi Pantau Banjir di Jakarta dan Sekitarnya (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Aplikasi untuk pantau dan lapor banjir di Jakarta dan daerah lainnya ternyata ada banyak. Berikut ini di antaranya.

Curah hujan yang tinggi belakangan ini membuat sejumlah daerah di Jakarta banjir. Banyak yang mengeluh karena ada yang terjebak jalanan banjir sehingga tidak bisa beraktivitas maupun pulang ke rumah setelah seharian ngantor.

Dihimpun detikINET, Kamis (6/10/2022) berikut ini adalah 5 aplikasi yang bisa dipakai untuk memantau banjir di Jakarta dan banjir di daerah lainnya. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung lagi mengetahui jalanan mana saja yang banjir untuk menentukan jalan alternatif.

1. PetaBencana

Bukan cuma untuk Jabodetabek, situs pemantau banjir yakni PetaBencana.id memetakan titik-titik banjir sesuai lokasi warga di kota lainnya di Indonesia. Kamu hanya perlu memilih provinsi mana yang ingin dicek, situs bisa dengan sangat detail menunjukkan daerah-daerah mana saja yang terkena banjir. Bahkan untuk jalan perkampungan, aplikasi ini bisa menyajikan informasi yang baik.

2. Peringatan Dini Banjir Jakarta

Ada tampilan informasi terkini terkait tinggi muka air sungai-sungai di Jakarta selama 24 jam terakhir. Selain itu, aplikasi Peringatan Dini Banjir Jakarta juga menampilkan tampilan CCTV pintu air dan siaga memberikan notifikasi terkait status siaga. Ada pula prakiraan cuaca Jabodetabek dari BMKG.

3. Pantau Banjir

Aplikasi Pantau Banjir dirilis Pemprov DKI Jakarta pada 12 Februari 2017. Terdapat informasi ketinggian air di pintu air, operasional pompa air, sampai berbagai laporan dari pengguna aplikasi. Laporan ini termasuk status penanganan, lengkap dengan foto dan alamat serta ketinggian air.

4. Google Maps

Sebagian besar pasti sudah memiliki aplikasi Google Maps di HP kalian. Aplikasi ini bisa memberikan petunjuk daerah-daerah yang terendam banjir. Google Maps juga bisa memberikan rute perjalanan alternatif sehingga kamu bisa menghindari area-area yang terkena banjir.

5. Qlue

Qlue merupakan aplikasi multifungsi salah satunya untuk melaporkan bencana/musibah/kerusakan dan lain sebagainya kepada user lain maupun pemerintah. Kamu bisa melaporkan banjir yang terjadi di daerah sekitar rumah dengan aplikasi Qlue.



Simak Video "Curahan Hati Netizen soal Banjir di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT