Instagram Mau Uji Coba Foto Layar Penuh untuk Samai Reels

ADVERTISEMENT

Instagram Mau Uji Coba Foto Layar Penuh untuk Samai Reels

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 07 Agu 2022 20:38 WIB
Jakarta -

Instagram sepertinya masih melanjutkan uji coba desain barunya yang kontroversial. Yang terbaru, Instagram akan menguji coba foto dengan rasio yang lebih tinggi untuk menyamai Reels.

Uji coba ini diumumkan langsung oleh Head of Instagram Adam Mosseri dalam sesi Ask Me Anything di Instagram Stories. Mosseri mengatakan Instagram akan menguji coba foto ekstra tinggi dengan rasio 9:16 dalam satu atau minggu ke depan.

"Salah satu yang kami harapkan untuk diuji coba dalam satu atau dua minggu adalah dukungan untuk foto 9:16," kata Mosseri menjawab salah satu pertanyaan, seperti dikutip dari The Verge, Minggu (7/8/2022).

"Karena kalian bisa mengunggah video tinggi, tapi kalian tidak bisa mengunggah foto tinggi di Instagram, jadi kami pikir mungkin kami harus pastikan bahwa kita memperlakukan keduanya dengan sama," sambungnya.

Uji coba ini akan menjadi langkah terbaru Instagram untuk membuat tampilan platform-nya terlihat lebih penuh dan lebih fokus pada konten vertikal seperti TikTok. Saat ini beberapa fitur Instagram yang sudah mendukung rasio 9:16 adalah Stories dan Reels.

Jika ingin mengunggah foto vertikal, Instagram saat ini membatasi dukungannya untuk rasio 4:5. Dengan mengenalkan rasio 9:16 yang lebih tinggi, pengguna Instagram jadi bisa menampilkan foto yang memenuhi layar secara vertikal.

Tapi beberapa fotografer mengkritik uji coba Instagram yang memaksa semua foto agar bisa pas mengikuti rasio 9:16. Pasalnya, feed baru ini menambahkan overlay gradien dengan warna yang lebih gelap di bagian bawah foto agar teks caption bisa dibaca dengan lebih mudah, tapi justru bentrok dengan tampilan foto aslinya.

Selama proses uji coba desain baru Instagram, Mosseri pernah beberapa kali mengaku bahwa layar yang lebih penuh bukan medium yang tepat untuk foto. Data internal Instagram bahkan menunjukkan banyak pengguna yang tidak senang dengan desain baru ini yang membuat mereka mulai meninggalkan platform milik Meta tersebut.

Selain desain baru yang mengenalkan layar lebih penuh ala TikTok, Instagram juga akan menampilkan lebih banyak konten rekomendasi di feed pengguna. Dua fitur baru ini sepertinya mendapat hujatan keras dari pengguna karena Instagram mengumumkan akan menunda uji cobanya.

(vmp/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT