Pengguna Facebook Bakal Bisa Pakai 5 Profil dalam Satu Akun

ADVERTISEMENT

Pengguna Facebook Bakal Bisa Pakai 5 Profil dalam Satu Akun

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 18 Jul 2022 13:15 WIB
Aplikasi Facebook
Pengguna Facebook Bakal Bisa Pakai 5 Profil dalam Satu Akun Foto: Unsplash/Kon Karampelas
Jakarta -

Facebook sedang menguji coba fitur baru yang memungkinkan pengguna memiliki lima profil berbeda di bawah satu akun. Ini merupakan strategi baru Meta untuk mendorong pengguna agar mau menghabiskan waktu lebih lama di platform miliknya.

Lewat uji coba ini, pengguna Facebook bisa membuat empat profil baru yang akan terhubung dengan akun utamanya. Jadi pengguna bisa memiliki profil khusus untuk tujuan berbeda, misalnya satu profil untuk terhubung dengan keluarga, satu untuk teman kerja, atau satu lagi untuk kelompok hobi.

Pengguna Facebook yang terlibat dalam uji coba ini akan tetap memiliki satu akun utama, tapi mereka akan bisa berpindah dari satu profil ke profil lainnya hanya dengan beberapa klik.

"Untuk membantu orang-orang menyesuaikan pengalaman mereka berdasarkan minat dan hubungan, kami menguji coba cara agar orang-orang bisa memiliki lebih dari satu profil yang terhubung dengan satu akun Facebook," kata juru bicara Facebook Leonard Lam, seperti dikutip dari TechCrunch, Senin (18/7/2022).

"Siapapun yang menggunakan Facebook harus terus mengikuti aturan kami," sambungnya.

Pengguna yang memasang profil tambahan tidak harus menggunakan nama aslinya. Mereka bisa menggunakan nama profil dan username apapun, asalkan unik dan tidak mengandung nomor atau karakter khusus. Sedangkan nama profil untuk akun utamanya tetap harus menggunakan nama yang mereka gunakan sehari-hari.

Nama untuk profil tambahan ini juga tidak boleh melanggar aturan Facebook. Jadi pengguna tidak boleh membuat profil yang tidak sesuai dengan identitasnya atau meniru identitas orang lain.

Jika salah satu profil pengguna ketahuan melanggar aturan Facebook, maka akun mereka yang akan kena getahnya. Facebook mengatakan aturan ini ditegakkan untuk mencegah pengguna nakal yang menyalahgunakan fitur baru ini.

Jika ada pengguna yang melanggar aturan hingga berkali-kali dengan salah satu profil tambahannya, sistem Facebook akan mengenali profil apa yang melanggar dan akan mengambil langkah yang sesuai, seperti menghapus salah satu profil tambahan atau semua profil plus akun utamanya.

Facebook mengatakan ada beberapa fitur di platform-nya yang hanya bisa diakses oleh akun utama pengguna, seperti membuat dan mengelola Group atau menggunakan Facebook Dating.

Kedatangan fitur baru ini cukup mengejutkan mengingat Facebook selama ini melarang penggunanya memiliki lebih dari satu akun. Eksperimen baru ini menandakan Facebook sedang gencar meningkatkan engagement pengguna di platform-nya.



Simak Video "Setiap Orang Bisa Mencoba Kehidupan Virtual di Toko Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT