Aplikasi Ruang Ortu, Cara Pantau Perkembangan Anak di Era Digital

ADVERTISEMENT

Aplikasi Ruang Ortu, Cara Pantau Perkembangan Anak di Era Digital

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 28 Jun 2022 18:30 WIB
Aplikasi digital parenting Ruang Ortu by Asia
Foto: Aplikasi Ruang Ortu
Jakarta -

Masifnya perkembangan teknologi, membuat kehidupan manusia sangat dimudahkan. Namun, penggunaan gadget yang berlebihan bisa berdampak buruk, termasuk bagi anak-anak.

Ruang Ortu by Asia hadir sebagai aplikasi digital parenting dengan cita rasa lokal alias diklaim pertama di Indonesia dalam memudahkan orangtua untuk mengasuh dan memantau perkembangan anak-anak mereka di era digital.

Aplikasi ini dirancang berdasarkan pemahaman budaya dan kebiasaan masyarakat Indonesia dan disajikan dalam bahasa Indonesia. Alumni Sekolah Islam Al Azhar (Asia) berkolaborasi dengan DEF GHI.

Ketua Umum Asia Mohammad Ilham Anwar mengatakan bahwa aplikasi ini meniadakan batasan waktu dan tempat bagi orangtua dalam berkomunikasi dan mengawasi aktivitas anak, baik saat ini maupun dalam rentang waktu sebelumnya. Di sisi lain, aplikasi Ruang Ortu ini memiliki mode asuh instan dan program, serta konten-konten positif bagi perkembangan anak.

"Pada saat yang bersamaan, orangtua juga mengarahkan anak untuk lebih banyak menambah wawasan dan belajar hal-hal positif melalui konten-konten bimbingan, keagamaan, pembelajaran, dan lainnya, yang tersedia di dalam aplikasi," Ilham menambahkan seperti dalam siaran pers yang diterima detikINET, Selasa (28/6/2022).

DEF GHI, selaku pengembang aplikasi menyatakan, Ruang Ortu by Asia merupakan solusi dalam pemanfaatan teknologi bagi orangtua begitu pun anak. Aplikasi ini adalah jembatan penghubung antara model pengasuhan konvensional dan model pengasuhan digital.

"Ide aplikasi ini berangkat dari pengalaman pribadi kami sebagai orangtua dalam mengawasi anak dalam penggunaan gadget anak, namun yang beredar dipasar aplikasi saat ini belum ada yang asli Indonesia dan sesuai dengan budaya Indonesia,"jelas Direktur DEF GHI Rafik Ahmad.

DEF GHI bersama Asia akan melakukan grand launching aplikasi Ruang Ortu ini pada akhir Juli 2022 ini. Adapun sekarang, aplikasi tersebut telah tersedia dan diunduh di Play Store dan App Store hanya saja masih dalam versi tahap pengembangan.



Simak Video "4 Aplikasi Wajib Bagi Para Pekerja"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT