Aplikasi Zoom Untuk Chromebook Ditutup Agustus

ADVERTISEMENT

Aplikasi Zoom Untuk Chromebook Ditutup Agustus

Josina - detikInet
Sabtu, 18 Jun 2022 19:44 WIB
Virus corona: Seberapa aman aplikasi Zoom yang marak dipakai WFH, tapi kini dilarang Taiwan?
Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Saat dalam pandemi COVID-19 Chromebook dan Zoom mengalami pertumbuhan yang sangat melesat. Keduanya sangat berguna kala harus melakukan pekerjaan ataupun sekolah di rumah akibat lockdown.

Namun saat ini Zoom dilaporkan akan mematikan aplikasinya di Chromebook yang akan ditutup pada Augstus 2022 sebagaimana dilansir detikINET dari 9to5google, Sabtu (18/6/2022).

"Aplikasi ini tidak akan lagi didukung secara resmi setelah Agustus 2022. Harap gunakan Zoom untuk Chrome PWA baru untuk bergabung ke rapat di ChromeOS," demikian pemberitahuan tersebut pada aplikasi Zoom di Chromebook.

Zoom di Chromebook sendiri sudah berada tersedia beberapa tahun ini dengan menyediakan akses sederhana seperti rapat Zoom tanpa fungsi tambahan apapun. Hal ini pun sangat terbatas saat datang ke sebagian besar fitur dan belum mendapatkan pembaruan penting dalam beberapa waktu.

Inilah mengapa aplikasi Zoom dimatikan karena sebagian dibangun di atas teknologi yang menua. Aplikasi yang lebih lama adalah aplikasi Chrome tradisional yang tidak terlalu relevan selama beberapa tahun sekarang.

Terutama, pada Agustus 2020 Google telah mengumumkan bahwa mereka akan menghapus aplikasi Chrome di semua platform untuk Windows, Mac, dan Linux di mana dukungan berakhir pada Juni 2021.

Mulai Juni 2022, Google juga mencabut aplikasi Chrome di Chrome OS, dengan aplikasi baru tidak lagi diterima dan semua aplikasi yang ada menjadi pribadi dan tidak terdaftar di Toko Web Chrome.

Mengingat hal itu, tak heran jika Zoom akan mengakhiri dukungan resmi untuk aplikasinya. Tetapi sebagai motivasi lebih lanjut, Zoom memulai debutnya sebagai aplikasi web progresif untuk Chromebook pada tahun 2021, yang telah melihat beberapa pembaruan besar selama setahun terakhir.



Simak Video "Jessi Rilis 'ZOOM', Lagu Soal Ketergantungan dengan Ponsel"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT