Spotify Akuisisi Sonantic Platform Suara AI

Spotify Akuisisi Sonantic Platform Suara AI

Josina - detikInet
Selasa, 14 Jun 2022 18:45 WIB
spotify
Foto: Unspslah/Sara Kurfess
Jakarta -

Spotify terus menghadirkan fitur-fitur baru ke layanan streaming musiknya, salah satunya adanya teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di platformnya.

Melansir dari 9to5mac, Selasa (14/6/2022) Spotify mengumumkan telah mengakuisisi Sonantic sebuah platform suara AI yang menciptakan suara realistis dari teks. Langkah akuisisi ini juga menjadi upaya Spotify untuk bersaing dengan pesaing utamanya Apple Music.

"Kami sangat senang dengan potensi untuk membawa teknologi suara AI Sonantic ke platform Spotify dan menciptakan pengalaman baru bagi pengguna kami. Integrasi ini akan memungkinkan kami untuk melibatkan pengguna dengan cara yang baru dan bahkan lebih personal," ujar Ziad Sultan, Spotify's Vice President of Personalization.

Akuisisi Spotify di AI menginvestasikan kemampuan text-to-speech baru di seluruh platform. Selain itu, Spotify menyatakan percaya bahwa permintaan untuk suara berkualitas tinggi akan terus meningkat dalam jangka panjang.

"Teknologi suara memungkinkan kami memberikan konteks kepada pengguna tentang rekomendasi yang akan datang saat mereka tidak melihat layar mereka. Menggunakan suara pada saat ini dapat mengurangi hambatan dalam menciptakan pengalaman audio baru-dan membuka pintu ke lebih banyak peluang bar,." kata Sultan.

Pesaing utama Spotify, Apple Music juga telah berinvestasi dalam kecerdasan buatan. Pada awal tahun ini, Apple mengakuisisi AI Music sebuah platform yang dapat membuat lagu menggunakan kecerdasan buatan.

AI Music bahkan dapat menghasilkan lagu yang beradaptasi dengan detak jantung pengguna. Meskipun belum melihat secara detail apa pun tentang akuisisi ini dari Apple, tapi tampaknya teknologi AI akan tetap ada untuk jangka panjang di platform streaming musik.



Simak Video "BLACKPINK Girlband Pertama yang Raih Streaming Terbanyak di Spotify"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)